Keputihan disertai nyeri pada kemaluan merupakan hal biasa bagi seorang perempuan, namun pada umumnya kondisi ini normal dan teratur sebelum atau ketika menstruasi. Namun terdapat jenis keputihan yang abnormal, ini merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi kalangan wanita. Lalu bagaimana cara mengobatinya. Terdapat cara alami yang bisa Anda gunakan, namun sebelumnya simak dahulu ulasan mengenai keputihan abnormal dan penyebabnya.

Keputihan abnormal merupakan cairan yang keluar dari vagina, namun warnanya tidak bening atau seperti susu, lebih ke kuning, kehijauan, dan kecokelatan. Jika biasanya keputihan tak mempunyai bau, namun sekresi abnormal ini terasa gatal dan menimbulkan bau di bagian vagina.

Keputihan disertai nyeri pada kemaluan timbul disebabkan oleh infekesi bakteri, jamur, virus atau parasit. Jangan menganggap penyakit ini tidak berbahaya, sebab ternyata keputihan disertai nyeri pada kemaluan tersebut dapat menyebabkan kemandulan, kanker, bahkan kematian. Apabila Anda mengalaminya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau atasi menggunakan beberapa cara alami.

Baca sini: Mudahnya Atasi Keputihan Kental



Cara Mencegah Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan

1.Gunakan pakaian yang aman dan menjaga vagina tetap kering

Vagina yang sehat keadannya kering dan bersih, pakaian yang Anda kenakan tentu akan mempengaruhi kesehatan pada vagina. Jenis kain dan pakaian yang ketat bisa menyebabkan kondisi lembap serta hangat, maka bakteri mudah berkembang. Gunakan celana dalam berbahan katun serta hindari jenis g-string. Apabila Anda rentan terhadap infeksi ragi, ganti pakaian renang atau pakaian yang berkeringat segera.

Beberapa ahli menyarankan jika Anda mengalami keputihan disertai nyeri pada kemaluan dan kelembapan pada siang hari, bawa dua pakaian dalam setiap hari ketika bekerja atau sekolah, ganti pakaian dalam di siang hari. Hal ini akan membantu Anda merasa nyaman dan membantu mencegah terjadinya infeksi.

2.Jaga kebersihan vagina dengan baik

Akal sehat akan membantu melindungi kesehatan vagina Anda. Setelah buang air besar atau kecil, bersihkan dari depan kebelakang untuk menghindari perkembangan bakteri pada vagina dan menurunkan risiko infeksi kandung kemih. Jangan lupa untuk mengganti pembalut secara tertatur ketika menstruasi.

3.Menjalankan seks aman untuk hindari kuman berbahaya

Ketika berhubungan seks pengaman membantu melindungi penyebaran infeksi menular seksual seperti penyakit herpes genital, gonore, sifilis, kutil kelamin, dan klamidia. Beberapa penyakit vagina tidak mempunyai obat untuk menyembuhkannya. Sementara yang lain bisa menjadi komplikasi kanker kepada penderita.

Anda harus mengganti kondom ketika beralih dari seks anal atau oral ke vagina, untuk mencegah masuknya bakteri yang berbahaya ke dalam vagina. Anda pun harus hindari berbagai jenis mainan seks dengan pasangan, karena akan menyebabkan HPV dan IMS.



4.Lakukan pemeriksaan secara rutin

Menjalankan pemeriksaan ginekologi secara rutin memang penting untuk menjaga kesehatan vagina Anda. Beberapa ahli bahkan merekomendasikan para wanita melakukan pemeriksaan ginekologi pertama kalinya di usia 21 tahun.

Kami anjurkan wanita menjalankan pemeriksaan pap smear untuk melihat perubahan sel vagina yang mungkin mengindikasikan adanya sel kanker. Ginekologi dan berbagai dokter yang ahli dalam bidangnya dilatih untuk mendiagnosa penyakit serta gangguan vagina yang bisa merusak sistem reprodukasi secara keseluruhan.

5.Menggunakan pelumas ketika berhubungan seksual

Pelumasan menjadi bagian penting ketika berhubungan seksual, tanpa alat ini maka kondisi vagina dan labia mudah iritasi atau lecet. Sementara pelumas tersebut biasanya terjadi selama gairah tersebut mucul, namun beberapa wanita tak menghasilkan pelumas alami dalam jumlah cukup. Pada akhirnya mereka harus menggunakan pelumas buatan untuk mengurangi gesekan.

Bagi Anda yang mengalami keluhan diatas, bisa segera lakukan pemeriksaan bersama kami di Klinik Utama Gracia untuk memperoleh penanganan yang tepat bersama dokter professional. Segera lakukan reserasi dengan mudah bersama kami di nomer 085714263063. Sekian kami sampaikan mengenai keputihan disertai nyeri pada kemaluan, semoga bermanfaat.

Baca disini: Atasi Keputihan Berbau Dan Abnormal


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai

panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.