Radang panggul parah merupakan penyakit yang sebagian besar menyerang wanita, kondusi ini mempunyai nama lainnya yakni pelvic Inflammatory Disease, atau suatu infeksi yang menyerang area leher Rahim. Penyakit ini kerap menyerang wanita dengan usia rentan seperti 15 sampai 24 tahun. Selain di sebabkan ketidaksuburan, apabila tak segera ditangani penyakit ini akan menyebabkan nyeri panggul yang cukup parah, bahkan bisa menimbulkan kehamilan diluar kandungan.

Kondisi radang panggul disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan intim dan cenderung lebih cepat menyebar ketika menstruasi. Beberapa gejala yang dirasa saat terserang radang panggul diantaranya demam tinggi, hilang nafsu makan, nyeri pada perut disertai dengan timbul gangguan pencernaan, dan menggigil. Pada masa menstruasi juga tidak beraturan, seperti menjadi lebih lama.

Baca juga: Kenali! Inilah Risiko Radang Panggul Dan Gejalanya



Faktor-Faktor Risiko Radang Panggul Parah

Terdapat beberapa faktor risiko pada nyeri panggul kronis, seperti:

• Mempunyai riwayat penyakit radang panggul parah

• Terdapat riwayat kekerasan fisik atau seksual, sebagian wanita yang mengeluh nyeri panggul kronis melaporkan terjadi tindakan kekerasan di masa lalu

• Terdapat riwayat pengobatan radiasi atau operasi perut

• Terdapat riwayat depresi, nyeri, dan depresi

• Adanya penyalahgunaan obat-obatan atau alcohol

• Terdapat kelainan pada struktur organ pada kaum wanita

• Kehamilan dan kelahiran yang dapat menimbulkan tekanan pada panggul dan punggung, seperti kelahiran bayi yang besar, sulit melahirkan, atau kelahiran dengan alat bantu vakum.

Terdapat beberapa cara menghindari radang panggul parah, Anda wajib mengetahui faktor dan penyebab kondisi tersebut dibawah ini.

1. Aktivitas Seksual

Wanita yang aktif menjalankan kegiatan seksual mempunyai resiko terkena radang panggul dalam skala besar. Kecuali bagi mereka ysng sudah memasang kontrasepsi dan melakukan operasi. Infeksi awal radang panggung bisa muncul kepada wanita yang aktif atau terlalu berlebihan melakukan hubungan seksual. Terdapat bakteri yang terdapat pada infeksi menular seksual, sepertinya contohnya gonore dan klamidia, ini merupakan beberapa contoh bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi pada leher Rahim.
 
Bakteri tersebut akan menyebar dari vagina sampai keorgan reproduksi wanita bagian atas. Beberapa bakteri yang ada di area vagina bisa menyebabkan radang pada panggul. Mereka masuk kedalam organ kewanitaan dan menginfeksi organ tubuh di dalamnya. Maka dari itu, wanita memang harus lebih rajin memberishkan organ intim dengan cara membasuh menggunakan air hangat.

2. Riwayat Radang Panggul Sebelumnya

Wanita yang pernah terserang radang panggul sebelumnya mempunyai risiko tinggi untuk hinggap kembali. Kemungkinan masalah ini akan kembali menyerang sampai 20%. Fungsi antibody dalam tubuh berperan untuk mengobati penyakit radang panggul agar kondisi tersebut tidak mudah kembali lagi.

3. Penggunaan Alat Kontrasepsi dalam Rahim

Mayoritas kalangan wanita memilih menggunakan alat kontrasepsi pada rahimnya, padahal hal tersebut dapat meningkatkan terserang radang panggul jenis kontrasepsi yang cukup berpengaruh yakni spiral.



Bagaimana Cara Mengobati Radang Panggul

Bagi penderita radang panggul akan diberikan antibiotic untuk melawan radang di fase awal. Selama beberapa minggu penderita akan didiagnosis penyakit tersebut. Pengidap akan diberikan antibiotic beberapa jenis seperti contohnya ceftriaxone dan metronidazole. Sebagian pasien dengan kasus tersebut bisa menerima antibiotic di klinik. Pengobatan melalui infeksi harus segera diselesaikan sampai tuntas, sesuai masa yang dianjurkan oleh dokter, agar infeksi benar-benar menghilang.

Tak hanya antibiotic, penderita bisa menkonsumsi obat pereda rasa nyeri seperi halnya parasetamol. Sementara untuk penderita yang pernah menggunakan alat kontrasepsi spiral, maka dokter akan sarankan untuk mencabut alat tersebut terlebih dahulu. Apabila abses sudah muncul pada organ yang terkena infeksi, maka tindakan operasi akan segera di jalakan. Tindakan tersebut bertujuan untuk mengangkat atau mengalirkan abses yang terbentuk pada area reproduksi wanita.

Jika Anda sudah pernah merasakan beberapa gejala radang panggung seperti yang sudah kami sebutkan diatas, maka siklus haid mulai bermasalah, sebaiknya Anda segera hubungi kami. Anda bisa melakukan konsultasi menggunakan system online bersama dokter berpengalaman di website Klinik Utama Gracia. Segera lakukan reservasi sekarang di nomer berikut ini 081336361555, agar permasalahan radang panggul parah Anda segera teratasi. Sekian terima kasih.

Baca juga: Apakah Penyakit Radang Panggul Itu?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.