Sekresi atau keputihan merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar dalam vagina dengan membawa sel-sel mati serta bakteri secara bersamaan, sehingga vagina tetap dalam keadaan bersih, lalu bagaimana dengan keputihan kental. Namun keputihan yang normal biasanya mempunyai tekstur cair, tidak berwarna atau bening, tidak berbau, gatal atau perih yang menyebabkan rasa tidak nyaman di area vital tersebut.

Keputihan merupakan kondisi normal yang terjadi dengan kadar hormonal seseorang. Maka dari itu, produksi keputihan biasanya akan meningkat ketika wanita dalam masa siklus haid dan kehamilan. Namun selain itu peningkatkan produksi kelenjar pada vagina tersebut bisa terjadi akibat seseorang merasa stress atau kelelahan.

Baca juga: Jenis Keputihan Yang Dapat Dialami Wanita

Beberapa Penyebab Keputihan Kental Dan Abnormal Diantaranya

1.IMS

Penyebab utama dari keputihan atau keluarnya sekresi berlebihan adalah infeksi menular seksual. Pada umumnya hal tersebut diakibatkan menjalankan hubungan seksual yang tidak sehat. Sering berganti pasangan tanpa menggunakan pengaman atau kondom. Selain keputihan yang abnormal, hubungan seksual tidak sehat akan meningkatkan risiko penularan sebuah penyakit. Menurunnya daya tahan tubuh dan vagina yang tidak sehat.

2.Infeksi jamur

Penyebab kedua yakni kemunculan keputihan kental menjadi salah satu adanya infeksi jamur. Infeksi ini bisa terjadi disebabkan kebersihan vagina tak maksimal. Ini bisa terjadi karena kebiasan buruk malas berganti pakaian, menggunakan celana dalam terlalu ketat serta bagian vagina sangat lembab.

3.Dalam siklus masa subur

Mengalami keputuhan kental bukan hanya terjadinya risiko terserangnya sebuah penyakit. Ini bisa disebabkan karena tubuh berada pada masa subur. Disamping berada di masa subur, keputihan hadir karena Anda konsumsi makanan yang menyababkan produksi cairan atau keputihan pada Rahim meningkat seperti halnya buah mentimun.

4.Menggunakan alat konrasepsi

Bagi wanita yang pernah menikah dan menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah sebuah kehamilan, bisa jadi ini menjadi penyebab keputihan kental berlebihan. Pada umumnya mereka yang mengalami keputihan merupakan kalangan yang hormone pada tubuhnya tak cocok dengan alat tersebut. Jika mengalami masalah ini, segera konsultasikan kepada dokter.

Cara Merawat Vagina Agar Tetap Bersih

Walau bukan hal lazim, keputihan yang tidak normal bisa menyebabkan gangguan pada kesuburan wanita. Jika tak memperoleh pengobatan yang tepat, infeksi tersebut bisa meluas sampai ke kulit atau area di sekitar vagina.

•Akibat rasa gatal yang semakin luas dan terus-menerus, kulit pada sekitar vagina akan menghitam. Selain itu infeksi tersebut bisa menular kepada pasangan melalui hubungan seksual.

•Agar dapat terhindar dari keputihan kental yang berbahaya, Anda harus merawat vagina dengan cara yang tepat

•Bersihkan vagina ketika mandi menggunakan air mengalir, dengan arah depan ke belakang, menggunakan sabun lembut dengan PH netral dan tanpa adanya pewangi

•Hindari menggunakan cairan pembersih khusus untuk vagina secara rutin

•Menggunakan celana dalam yang menyerap keringat

•Segera mengganti pakaian dalam apabila sudah terasa basah

•Jangan panic ketika mengalami keputihan kental, jika terjadi setelah siklus haid, maka hal tersebut masih normal. Namun jika ada keluhan lain seperti bau dan gatal, segera lakukan konsultasikan keadaan tersebut

Berkonsultasi Dan Melakukan Reservasi Di Klinik Terbaik

Ini beberapa hal yang menjadi penyebab sekresi atau keputihan kental, selain penyebab diatas, beberapa hal lain seperti penggunaan sabun, pelumas, parfum juga dapat menyebabkan keputihan tidak normal. Bagi Anda kaum wanita yang ingin periksaan kondisi sekresi berlebihan atau keputihan abnormal bisa segera hubungi 081336361555. Kami meruapakan Klinik Utama Gracia akan membantu berbagai persoalan Anda mengenai seputar penyakit kelamin. Demikian ulasan singkat kami sampaikan mengenai keputihan kental, semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengatasi Keputihan Normal Dan Abnormal


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.