Keputihan merupakan hal biasa yang terjadi kepada wanita, namun bagaimana jika keputihan berbau, berlebihan, dan terasa gatal-gatal. Tentunya hal tesebut akan mengurasi rasa percaya diri, sebab merasa tidak nyaman serta takut apabila orang lain mencium bau tersebut. Jika ternyata Anda mengalami keputihan dengan bau tidak sedap, tentu ini akan menjadi pertanda bahwa keputihan Anda tidak normal. Sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: Penyebab Keputihan Ada Bercak Darah

Beberapa Tanda Keputihan Berbau Atau Abnormal Diantaranya

1.Berbau

Sudah menjadi hal umum, keputihan yang normal tidak akan berbau. namun jika Anda mengalami keputihan disertai bau bahkan menyengat, hal tersebut bisa dikatakan seperti bau busuk. Ini bisa disebabkan karena adanya kuman yang berserang atau berkembang pada area vagina.

2.Berwarna

Ketika mengalami keputihan berbau atau keluarnya cairan normal, tidak akan bewarna atau bening. Jika bewarna putih susu pun tidak masalah atau tidak apa-apa. Namun jika bewarna kuning, hijau pekat atau disertai darah, ini menjadi kategori keputihan yang abnormal.

3.Menimbulkan gatal

Bagian intim Anda terasa gatal ketika mengalami keputihan? Ini merupakan salah satu ciri vagina bermasalah.

4.Nyeri ketika buang air kecil

Ini menjadi tanda bahaya atau pertanda bahwa kuman sudah sampai di area kandung kemih. Apabila hal tersebut Anda alami, jangan mengganggap remeh gejala keputihan abnormal yang Anda alami tersebut. Segera lakukan konsultasi bersama doker di klinik spesialis terbaik.

Namun sayangnya, mayoritas wanita Indonesia merasa malu apabila harus pergi berobat ke dokter kelamin. Padahal Anda harus segera mendapatkan tindakan dan solusi mengenai keputihan yang tidak normal tersebut.

Mungkin saat ini Anda merasa bingung bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya terdapat beberapa cara terjangkau untuk pertolongan pertama mengatasi keputihan berbau tersebut, yakni dengan menghilangkan secara alami. Sebenarnya alam sudah sediakan berbagai jenis tanaman yang berguna untuk menghilangkan sekresi atau cairan dengan cepat.
 

Cara Menghindari Terjadi Keputihan Berbau Dan Abbnormal

•jagalah agar vagina tetap kering dan tidak lembab

•Mengenakan celana yang tidak terlalu ketat, atau jangan terlalu sering menggunakan stoking

•Kenakan celana dalam dengan bahan katun, bukan sintesis. Hal tersebut memungkinkan lebih banyak udara yang dan mencegahnya terjadinya lembab.

•Tak kenakan celana dalam ketika tidur malam hari

•Cuci kemaluan dari depan sampai kebelakang ketika buang air kecil bukan sebaliknya

•Vagina merupakan sebuah organ yang bisa membersihkan diri, mengenakan cairan pembersih vagina justru berisiko merusak keseimbangan alami dalam bakeri serta jamur di dalamnya. Tidak seimbangnya hal tersebut akan memicu vaginosis bacterial. Untuk kebersihan alat kelamin, gunakan air hangat serta sabun yang tidak mempunyai aroma terlalu kuat. Namun sebisa mungkin hanya gunakan air saja.

•Hindari mengenakan parfum atau bedak pada vagina, sebab bahan parfum dan sabun bisa merusak keseimbangan jamur dan bakteri yang ada dalam vagina

Hindari Beberapa Bahan Yang Dapat Membuat Keputihan Abnormal

•Menggunakan detergen yang mempunyai aroma kuat ketika mencuci celana dalam

•Mengenakan pembalut yang beraroma

•Menggunakan tisu toilet yang beraroma

•Jangan lupa konsumsi makan sehat disertai dengan nutrisi seimbang

•Konsumsi suplemen yang mengandung lactobacillus

•Jangan terlalu sering berendam di dalam air panas

•Anda bisa cuci pakaian dalam menggunakan air hangat

•Disiplin mengganti pembalut secara rutin ketika datang bulan

Mecegah memang selalu lebih baik dari pada mengobati, jagalah kebersihan organ intim Anda agar terhindar dari bakteri yang menyebkan keputihan atau keluarnya sekresi tidak normal. Jika sudah merasa tidak nyaman, kami sebagai Klinik Utama Gracia dapat membantu menangani permasalahan Anda, hubungi kontak person dibawah ini 081336361555. Sekian kami sampaikan mengenai keputihan berbau, terima kasih.

Baca juga: Rahasia Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal



Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.