Keputihan memang hal yang wajar bagi wanita, tapi keputihan bercampur darah bukanlah hal yang seharusnya kita abaikan. Pada umumnya keputihan dialami oleh hampir setiap wanita. Hanya saja cairan keputihan yang normal seharusnya berwarna putih, encer, dan tidak berbau. Meskipun berbau, namun baunya tidak terlalu menyengat. Keputihan ini memang membuat kita kurang nyaman karena terkadang menyebabkan gatal, lengket, dan bahkan mengurangi rasa percaya diri.

Meskipun menimbulkan ketidak nyamanan, sebenarnya keputihan ini juga membuat kita bisa mengetahui kesehatan tubuh kita. Misalnya saja jika keputihan yang keluar tidak normal, maka hal tersebut dapat menandakan adanya masalah pada tubuh kita seperti penyakit kelamin misalnya. Keputihan yang berwarna kuning kehijauan seperti nanah, atau bahkan keputihan bercampur darah merupakan tanda bahwa ada masalah dengan kesehatan tubuh kita terutama organ kelamin.

Jenis-Jenis Keputihan Abnormal


Keputihan bercampur darah merupakan salah satu jenis keputihan abnormal. Keputihan abnormal merupakan keadaan dimana cairan keputihan yang keluar dari vagina tidak normal. Saat sedang periode menstruasi normal jika ada darah yang keluar bersama keputihan. Namun, bila darah dan keputihan keluar bukan pada masa menstruasi, maka perlu diwaspadai. Keputihan abnormal biasanya disebabkan oleh berbagai hal, berikut ini adalah beberapa jenis keputihan abnormal yang jika mengalami gejalanya, segera konsultasikan kepada dokter.

•Keputihan bercampur darah

Saat sedang tidak menstruasi, keluarnya keputihan bercampur darah dapat menjadi tanda untuk berbagai hal. Tanda yang pertama bisa berarti kehamilan,dimana darah keluar akibat proses implantasi. Namun, keputihan jenis ini juga bisa menjadi tanda adanya kanker ataupun penyakit kelamin atau infeksi menular seksual.

•Keputihan disertai rasa gatal

Jika mengalami keputihan yang seperti ini bisa jadi disebabkan oleh adanya infeksi klamidia. Jika terjadi infeksi dan didiamkan, hal tersebut dapat berisiko terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Baca Juga : Cara Membedakan Keputihan Normal Dan Tidak Normal



•Keputihan berbau amis

Jenis keputihan abnormal lainnya adalah jika cairan yang keluar berbau amis. Hal ini dapat menjadi salah satu gejala adanya infeksi menular seksual. Saat mikroorganisme pada organ intim tidak seimbang, keputihan jenis ini bisa juga terjadi.

•Keputihan kental dan warnanya terlalu putih

Biasanya terjadi karena infeksi jamur. Yang dapat memicu keputihan ini dalah penggunaan sabun yang tidak sesuai, berenang, maupun celana dalam yang lembab atau basah.

•Keputihan yang berbau busuk

Selain berbau amis, terkadang keputihan abnormal juga menimbulkan bau busuk. Jika keputihan ini terjadi, biasanya akibat infeksi yang telah parah dan maupun indikasi kanker. Biasanya keputihan jenis ini dibarengi dengan adanya keputihan kuning atau kehijauan.

•Keputihan ditambah nyeri panggul

Jika sudah disertai nyeri panggul, hal tersebut bisa saja menjadi tanda adanya infeksi yang sudah serius.

Langkah Mengatasi Keputihan Abnormal


Cara mengatasi keputihan dapat disesuaikan dengan penyebabnya. Kalaupun ingin mengatasinya dengan obat-obatan, sebaiknya ikuti saran dokter. Pasalnya salah konsumsi obat bisa menyebabkan kesalahan fatal. Untuk keputihan biasa mungkin dapat diatasi dengan cara alami. Namun, untuk keputihan abnormal seperti keputihan bercampur darah misalnya akan membutuhkan perawatan dari dokter karena bisa menyangkut penyakit maupun infeksi menular seksual.

Jika mengalami keputihan seperti di atas, maka langkah tepat untuk mengatasinya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Jika ternyata keputihan tersebut merupakan tanda adanya infeksi menular seksual maupun penyakit lainnya, maka akan dapat didiagnosis lebih cepat. Datang saja ke Klinik Utama Gracia. Bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami melalui sambungan telepon di nomor 081336361555 . Bisa juga klik link di bawah untuk konsultasi melalui layanan chat online.

Baca Juga : Jangan Cemas, Ini Cara Mengurangi Keputihan


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.