Mau tahu cara mengatasi keputihan dengan makanan? Simak informasi mengenai makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan tidak jika ingin bebas dari keputihan. Keputihan adalah kondisi dimana cairan keluar dari alat genital wanita yang terkadang mengurangi rasa percaya diri dan membuat kita tidak nyaman. Salah satu penyebab dari keputihan adalah pemilihan makanan yang memiliki risiko meningkatkan keputihan. Keputihan ini jika sampai berlebihan, maka kita sebut dengan keputihan abnormal.

Jika keputihan sudah berlebihan, maka sebaiknya kita waspada, pasalnya keputihan bisa menjadi salah satu gejala penyakit kelamin. Setidaknya kita harus bisa membedakan yang mana keputihan normal dan yang abnormal. Selain mengenali ciri-ciri keputihan, kita juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi keputihan dengan mengontrol makanan yang kita konsumsi.

Mau Keputihan Berkurang? Konsumsi Makanan Ini


Jika anda mengalami keputihan, mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah keputihan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Ada makanan yang jika dikonsumsi mencegah keputihan, namun ada juga beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan keputihan jika sering dikonsumsi. Konsumsi beberapa makanan di bawah ini merupakan cara mengatasi keputihan yang bisa kita lakukan sendiri.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Keputihan Pada Wanita



• Sayuran Hijau

Sudah bukan rahasia lagi jika sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk keputihan. Salah satunya untuk mencegah keputihan yang merupakan masalah paling sering dialami oleh wanita. Kandungan antioksidan dalam sayur juga dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.

• Pisang

Selain sayur, buah-buahan terutama pisang juga bisa dikonsumsi untuk mencegah keputihan. Konsumsi pisang minimal dua buah dalam sehari merupakan salah satu cara mengatasi keputihan yang efektif.

• Yoghurt

Tak hanya rasanya, enak, yoghurt juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengatasi keputihan, masalah yang sering dihadapi wanita.

• Rebusan air daun sirih

Selain dapat digunakan sebagai pembersih kewanitaan, rebusan air daun sirih juga dapat diminum untuk mengatasi keputihan yang anda alami.

• Susu

Minuman yang satu ini memang banyak sekali khasiatnya. Selain menjadi sumber tenaga dan sumber gizi untuk organ-organ tubuh kita, susu juga mengurangi produksi keputihan sehingga tidak sampai berlebihan.

Makanan Yang Dipercaya Meningkatkan Produksi Keputihan


Selain mengkonsumsi makan yang dapat mengurangi keputihan, sebaiknya anda juga menghindari konsumsi makanan yang meningkatkan keputihan. Keputihan yang masih di batas normal dapat kita atasi dengan mengatur makanan yang kita konsumsi. Berikut adalah cara mengatasi keputihan dengan menghindari makanan yang dapat meningkatkan produksi keputihan.

Mentimun

Meskipun merupakan jenis sayur, namun mentimun memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, dan hal inilah yang menyebabkan konsumsi mentimun sebaiknya dibatasi.

• Makanan manis

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat gula dapat meningkatkan produksi keputihan, makanya makanan manis yang mengandung banyak gula sebaiknya juga dikurangi.

• Gorengan

Makanan yang satu memang tidak baik untuk kesehatan. Kandungan karbohidrat dan gula pada jajanan yang satu ini akan menghambat cara mengatasi keputihan.

• Nanas

Buah ini dapat mengakibatkan produksi lendir pada miss v meningkat dengan tingkat keasamannya yang tinggi. Untuk itu,konsumsi buah ini sewajarnya saja, jangan berlebihan.

Mungkin keputihan normal dapat diatasi dengan makanan, namun jika sudah menjadi keputihan abnormal maka sebaiknya kita melakukan pemeriksaan ke dokter ginekologi. Datanglah ke klinik spesialis yang ada di Jakarta yaitu Klinik Utama Gracia yang menyediakan konsultasi sekaligus perawatan untuk berbagai masalah kelamin. JIka anda memiliki pertanyaan terkait penyebab, gejala, bahaya serta cara mengatasi keputihan abnormal, anda bisa langsung hubungi klinik kami di nomor 081336361555 .

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan Berwarna Kuning


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.