Keputihan atau keluarnya cairan bening dari organ kewanitaan adalah suatu hal yang wajar dialami oleh para wanita. Biasanya wanita akan mengalami keputihan satu minggu sebelum dan juga sesudah menstruasi. Namun banyak juga wanita yang mengalami keputihan yang tidak normal. Keputihan yang abnormal ini banyak sekali faktornya, seperti makanan penyebab keputihan berikut ini. Makanan-makanan berikut ini dipercaya akan menyebabkan keputihan yang berlebihan.

  1. Mentimun

Sayuran yang biasa dijadikan lalapan ini adalah menjadi salah satu makanan penyebab keputihan. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki sifat meningkatkan produksi hormon estrogen. Itulah mengapa, jika wanita mengonsumsi mentimun secara berlebihan akan mengalami keputihan. Untuk menghindarinya, konsumsilah mentimun dalam jumlah yang masih dalam batas wajar.

  1. Pasta Tomat

Pasta tomat banyak digunakan untuk makanan seperti spaghety ataupun pizza. Namun berbeda dengan tomat segar, pasta tomat yang merupakan salah satu olahan buah tomat yang sudah di fermentasi ini bisa menyebabkan keputihan pada wanita. Hal ini sebabkan oleh proses fermentasi yang menggunakan ragi.

  1. Telur

Tingginya kandungan protein dan juga kalori di telur dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan keputihan. Untuk itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi telur, walaupun sebenarnya makanan ini baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Udang

Protein yang terkandung dalam udang, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan keputihan pada wanita. jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, para pecinta seafood tak perlu khawatir terhadap dampaknya.

  1. Tape Singkong

Tape singkong adalah singkong yang sudah difermentasi menggunakan ragi. Namun ragi yang digunakan tersebut bisa mengakibatkan meningkatnya lendir penyebab keputihan. Kurangi konsumsi tape singkong agar keputihan Anda tidak berlebihan.

  1. Keju

Keju juga termasuk dalam makanan yang merupakan hasil dari proses fermentasi. Keju yang tidak mengalami pasteurisasi juga bisa meningkatkan jumlah keputihan pada wanita. Hal ini dikarenakan keju yang tidak dipasteurisasi dianggap belum disterilisasi.

  1. Soft Drink

Soft drink mengandung banyak pemanis buatan dan juga pewarna buatan. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya bakteri dan juga virus pada organ intim wanita. Sehingga timbulnya keputihan yang abnormal.

  1. Gula

Gula juga merupakan makanan penyebab keputihan yang bisa memicu pertumbuhan jamur di organ kewanitaan. Gula juga akan memicu produksi lendir yang berlebihan pada organ kewanitaan Anda.

  1. Nanas

Makanan penyebab keputihan lainnya yaitu buah nanas. Buah ini dapat menyebabkan lendir yang berlebihan pada organ kewanitaan. Untuk itu, jangan konsumsi nanas secara berlebihan jika tidak mau keputihan yang Anda alami menjadi tidak normal.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas pastilah mengandung cabai untuk menjadi bahan utamanya. Dalam cabai terdapat kandungan zat capsicum yang dapat meningkatkan tumbuhnya bakteri yang bisa menjadi penyebab keputihan yang berlebihan.

  1. Manisan

Manisan memang terbuat dari buah segar, namun sudah mengalami proses yang membuatnya menjadi awet selama berbulan-bulan. Tidak menutup kemungkinan juga digunakan bahan pengawet, yang bisa membuat Anda mengalami keputihan yang berlebihan.

  1. Gorengan

Siapa sangka makanan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia ini menjadi salah satu makanan penyebab keputihan? Kurangi konsumsi gorengan agar Anda tidak mengalami keputihan yang tidak normal.

Untuk itu, batasi mengonsumsi makanan penyebab keputihan di atas. Konsumsilah dalam jumlah yang normal, untuk mengantisipasinya. Ataupun jika Anda memang sudah mengalami keputihan yang abnormal, Anda bisa menghindari makanan-makanan tersebut agar tidak memperparah keputihan yang Anda alami. Dan jangan lupa untuk konsultasikan masalah keputihan dan juga kewanitaan Anda pada Klinik Utama Gracia. Agar Anda dapat penanganan yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.