Keputihan normalnya berwarna putih atau bening, namun ada beberapa wanita yang mengalami keputihan kuning, apakah berbahaya? ini penjelasannya.

Keputihan adalah sesuatu hal yang normal dialam oleh seorang wanita. Dimana keputihan memiliki manfaat untuk membersihkan Miss V serta membawa keluar bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

Perlu diketahui bahwa setiap wanita memiliki tingkatan keputihan yang berbeda-beda, karena wanita yang sedang dalam kondisi hamil, terangsang secara seksual bisa mengeluarkan cairan keputihan yang lebih banyak, namun hal tersebut masih normal.

Keputihan dikatakan tidak normal / abnormal ialah ketika mengalami perubahan dari segi warna dan aroma yang sangat mencolok. Termasuk keputihan kuning, yang merupakan tanda bahwa Anda sedang terinfeksi suatu penyakit. Lalu apakah penyebab keputihan berwarna kuning?

Penyebab Keputihan Kuning

Kondisi keputihan berwarna kuning sangat berbahaya dan harus dilakukan pengobatan secara medis untuk menyembuhkannya. Diketahui bahwa keputihan kuning disebabkan oleh penyakit menular seksual. Berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan berwarna kuning :

Infeksi Jamur

Walaupun pada dasarnya infeksi jamur pada Miss V sangat umum terjadi, namun hal ini dapat menyebabkan keputihan kuning dan menimbulkan gejala seperti rasa gatal, nyeri serta sakit saat melakukan hubungan badan. Kondisi ini membuat wanita menjadi tidaknyaman dalam beraktifitas. Infeksi ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan memiliki banyak pasangan seksual.

Gonore

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang dapat menyebar dari hubungan badan dengan seseorang yang sudah terinfeksi bakteri tersebut.

Seorang wanita yang terinfeksi bakteri tersebut akan mengalami gejala seperti keluarnya cairan keputihan berwarna kuning, pendarahan di luar siklus menstruasi dan terasa nyeri di bagian panggul.

Infeksi Trikomoniasis

Infeksi ini juga merupakan penyakit menular seksual yang dapat menyerang wanita ataupun pria. Infeksi ini biasanya menimbulkan keputihan dengan bau yang tidak sedap disertai rasa nyeri pada Miss V. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri tunggal bernama Trichomonas Vaginalis, sering sekali seseorang yang terinfeksi tidak menimbulkan gejala yang berarti, sehingga membuat orang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi bakteri tersebut.

Bakteri Vaginiosis

Bakteri ini selain menyebabkan keputihan kuning juga disertai dengan bau tidak sedap, gatal dan rasa nyeri saat cairan ini keluar, terkadang penderita mengalami sakit saat kencing. Kondisi seperti ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang tidak seimbang sehingga menyebabkan keputihan abnormal.

Bagaimana Cara Mengatasinya Agar Tidak Mengalami Keputihan Kuning?

- Jaga selalu kebersihan Miss V dan tetap kering. Serta gunakan air bersih / hangat untuk membersihkan area kewanitaan.
- Hindari melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Selain itu gunakan pengaman seperti kondom agar terhindar dari penyakit menular seksual. Atau
  apabila sudah terinfeksi sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual dahulu sampai infeksi sembuh, dan untuk mencegah menularkan infeksi pada orang lain.
- Hindari penggunaan pewangi pada vagina, karena dapat menyebabkan infeksi pada vagina.
- Gunakan celana dalam yang dapat menyerap keringat seperti bahan katun dan hindari memakai celana yang terlalu ketat.

Bagaimana Cara Mengobati Keputihan Berwarna Kuning?

Untuk mengobatinya biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab terjadinya keputihan berwarna kuning. Setelah dilakukan pemeriksaan dan menemukan penyebabnya barulah dokter akan melakukan tindakan pengobatan.

Apabila Anda sudah terinfeksi sebaiknya segera periksakan diri kedokter secepatnya, karena apabila dibiarkan akan menyebabkan komplikasi pada penyakit tersebut, atau bisa datang langsung ke KLINIK UTAMA GRACIA. Klinik Utama Gracia adalah klinik spesialist yang dapat mengatasi permasalahan keputihan abnormal, dengan dibantu oleh tenaga kerja dokter yang ahli dan peralatan medis yang modern, dengan harga yang sangat terjangkau, menjadikan Klinik Utama Gracia menjadi pilihan yang tepat untuk berobat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.