Sebelum membahas mengenai cara mengatasi keputihan ada baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu keputihan. Keputihan adalah suatu hal yang wajar terjadi pada kaum wanita, dimana keputihan berfungsi untuk membersihkan dan menjaga kesehatan area kewanitaan. Keputihan yang normal umumnya berwarna putih atau jernih, tidak bau dan tidak menimbulkan rasa gatal.

Akan tetapi tidak sedikit juga wanita yang mengalami keputihan tidak normal, keputihan seperti ini bisa terjadi dikarenakan adanya gangguan di area kewanitaan, yang disebabkan oleh infeksi jamur/bakteri ataupun penyakit tertentu yang berhubungan dengan reproduksi wanita.


Gejala Keputihan Tidak Normal


Gejala keputihan ini sangat mencolok sehingga Anda tentu bisa membedakannya. Berikut ini adalah gejala yang yang terjadi apabila seorang wanita mengalami keputihan tidak normal :

- Terjadinya perubahan warna pada keputihan menjadi berwarna kekuningan, kehijau, dan keabu-abuan.
- Mengeluarkan bau yang sangat menyengat.
- Menimbulkan rasa gatal disertai nyeri yang menyebabkan iritasi pada vagina.

Apabila Anda mengalami gejala keputihan seperti diatas, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis, dengan cara klik gambar dibawah ini.



Penyebab Keputihan Tidak Normal


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keputihan tidak normal disebabkan oleh adanya infeksi bakteri/jamur dan juga bisa disebabkan oleh terinfeksi penyakit menular seksual (PMS). Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan keputihan tidak normal.

1. Gonore (Kencing Nanah) & Clamydia
Kedua jenis penyakit tersebut merupakan penyakit menular seksual, wanita yang terinfeksi penyakit ini akan menyebabkan keputihan berwarna kekuningan atau kehijauan.

2. Human Papillomavirus (HPV)
Penyakit ini ditularkan melalui kontak hubungan badan dengan bergonta-ganti pasangan, apabila dibiarkan dapat menyebabkan kanker serviks. Wanita yang terinfeksi virus ini akan mengalami keputihan berwarna coklat / cairan berdarah / berair dengan bau yang sangat menyengat.

3. Infeksi Jamur
Seorang wanita yang terinfeksi jamur akan menyebabkan keputihan berwarna putih disertai rasa terbakar dan gatal. Faktor lain yang dapat menyebabkan infeksi jamur didalam vagina ialah, tingkat stress yang tinggi, diabetes, penggunaan alat kontrasepsi / pil kb, mengkonsumsi antibiotic.

4. Bakteri Vaginosis
Bakteri ini akan menyebabkan keputihan berbau busuk kadang amis. Wanita yang aktif melakukan hubungan seksual, seks oral dengan memiliki banyak pasangan, beresiko tinggi terinfeksi virus tersebut.

Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Penting bagi wanita untuk mengetahui cara mengatasi keputihan sejak dini, agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang organ intim wanita. Umtuk mengatasi keputihan tidak normal yang pertama dilakukan adalah harus dilakukan pemeriksaan terkait penyebab keputihan tidak normal.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel keputihan dari pasien yang kemudian akan diuji di laboratorium. Setelah diketahui penyebab pasti, barulah dokter akan melakukan pengobatan.

Pengobatan untuk mengatasi keputihan karena infeksi bakteri biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk membunuh bakteri tersebut. Selanjutnya untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh jamur biasanya dokter akan memberikan pengobatan berupa obat anti-jamur. Sedangkan keputihan yang disebabkan oleh infeksi menular sekusal (IMS) dokter akan menggunakan antibiotik dan melakukan penginfusan untuk membunuh virus penyebab infeksi menular seksual.

Untuk mencegah keputihan abnormal agar Anda tidak mengalaminya, sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan, jaga selalu area kewanitaan agar tetap bersih, hindari menggunakan pembersih vagina, tidak menggunakan celana yang terlalu ketak, memakai celana dalam yang dapat menyerap keringat seperti bahan katun, dan konsumsi makanan sehat.

Jangan sepelekan gejala keputihan abnormal, karena apabila tidak segera diobati akan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang dapat merugikan bahkan mengancam kesehatan Anda. Untuk itu segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan di KLINIK UTAMA GRACIA. Atau Anda bisa konsultasi langsung dan bertanya mengenai keputihan yang Anda alami dengan dokter kami dengan cara klik gambar dibawah ini.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.