Tahukah kamu tentang penyakit radang panggul? Penyakit radang panggul atau secara medis disebut Pelvic Inflamatory Disease (PID) adalah penyakit yang menginfeksi pada organ reproduksi. Biasanya terjadi ketika bakteri menular seksual menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba atau ovarium.

Banyak faktor penyebab penyakit radang panggul, orang yang sangat berisiko terinfeksi adalah pada mereka yang mengalami menstruasi setelah berumur 25 tahun, yang memiliki banyak pasangan seks, tidak menggunakan kontrasepsi seperti kondom, tinggal didaerah yang memiliki prevelensi penyakit menular seksual PMS yang tinggi.

Penyebab Penyakit Radang Panggul

Banyak jenis bakteri yang dapat menyebabkan PID, tetapi infeksi gonore adalah yang paling umum, bakteri ini dapat ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom. Yang paling umum terjadi bakteri bisa masuk kesaluran reproduksi Anda kapan saja dan merusak penghalang alami yang dibuat oleh serviks, hal ini bisa terjadi setelah melahirkan, keguguran dan aborsi.

Gejala Pada Penyakit Radang Panggul

• Nyeri pada perut bagian bawah dan panggul

• Keputihan dengan bau yang tidak sedap

• Perdarahan uterus yang tidak normal, terutama saat atau setelah hubungan intim, atau atara siklus menstruasi

• Nyeri atau perdarahan saat bersenggama

• Demam, bahkan sampai mengigil

• Menyakitkan atau sulit buang air kecil

PID biasanya hanya menyebabkan tanda dan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala, bila sudah berat biasanya PID akan menyebabkan demam, mengigil, nyeri perut bagian bawah atau panggul yang parah, terutama pada saat pemeriksan panggul, nyeri pada perut.

Faktor Risiko Penyakit Radang Panggul

• Menjadi wanita yang aktif secara seksual lebih dari 25 tahun

• Memiliki banyak pasangan seksual

• Berada dalam hubungan yang memiliki pasangan lebih dari satu pasangan seks

• Berhubungan seks tanpa kondom

• Douching secara teratur, yang mengganggu keseimbangan bakteri baik yang ada didalam vagina

• Memiliki riwayat penyakit radang panggul atau penyakit menular seksual

Komplikasi Penyakit Radang Panggul

Radang panggul yang tidak segera disembuhkan dapat membuat komplikasi lebih parah, salah satunya membuat jaringan parut. Anda juga mungkin mengelurkan cairan yang terifeksi (abses) disaluran tuba yang dapat merusak organ reproduksi. Dan komplikasi yang timbul diantaranya:

Kehamilan Etopik
PID adalah penyebab utama kehamilan etopik, pada kehamilan etopik, jaringan parut dari PID mencegah sel telur yang dibuahi menembus tuba falopi untuk ditanamkan dirahim. Kehamilan etopik dapat menyebabkan perdarahan, masih dan mengancam jiwa sehingga memerlukan perhatian medis darurat.

Ketidak Suburan
PID dapat menyebabkan ketidaksuburan, dan ketidak mampuan untuk hamil, semakin sering Anda menderita PID, semakin besar terserang interfilitas. Menunda pengobatan dapat membuat risiko interfilitas semakin besar.

Nyeri Panggul Kronis
Penyakit radang panggul dapat menyebabkan nyeri pelvis yang mungkin berlangsung selama berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Jaringan parut pada saluran tuba dan organ pelvis lainnya dapat menyebabkan rasa sakit saat bersenggama dan ovulasi.

Abses Tuba Ovarium
PID dapat menyebabkan abses atau kumpulan nanah, yang terbentuk ditabung rahim dan ovarium. Jika tidak diobati Anda akan terserang infeksi yang mengancam jiwa.

Pencegahan Penyakit Radang Panggul

Berlatih Seks Aman
Gunakan kondom setiap kali berhubungan seks, membatasi jumlah pasangan Anda, dan tanyakan kepada pasangan Anda tentang riwayat penyakit seksual yang mungkin pernah dialami.

Bicarakan Dengan Dokter Anda Dengan Masalah Kontrasepsi
Banyak bentuk kontrasepsi, tidak melindungi terhadap perkembangan PID, dengan mengunakan metode penghalang seperti kondom, dapat mengurangi risiko penularan pada diri Anda. Bahkan jika mengkonsumsi pil KB, tetap disarankan untuk menggunakan kondom menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dan melindungi terhadap penularan PID.

Rutin Melakukan Pemeriksaan
Jika Anda berisiko IMS lakukan lah pemeriksaan rutin untuk memastikan Anda aman. Pengobatan IMS secara dini dapat membuat Anda terhindar dari komplikasi yang lebih parah

Meminta Pasangan Untuk Malakukan Tes
Jika Anda terkena radang panggul, mintalah pasangan Anda untuk melakukan pemeriksan untuk memastikan pasangan Anda aman, dan mencegah penularan lebih parah dan dapat segera diobati.

Pengobatan Radang Panggul

Dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan pengobatan dan mengkonsumsi antibiotik untuk mengobati PID. Dalam beberapa hari setelah pengobatan, gejala Anda mungkin akan membaik atau menghilang, namun terapi pengobatan harus tetap diselesaikan, bahkan jika Anda telah merasa lebih baik. Menghentikan pengobatan pada tahap awal dapat memperparah ifeksi kembali.

Penyakit radang panggul mungkin memerlukan pembedahan, namun ini jarang terjadi kecuali pada kasus abses (nanah) dipelvis Anda pecah atau abses akan pecah, hal ini juga harus dilakukan saat pengobatan tidak merespon.

Demikian penjelasan tentang penyakit radang panggul, jika Anda mempunyai keluhan seputar radang panggul segera lakukan pemeriksaan dini agar terdeteksi dan dapat dilakukan pengobatan secepatnya.

Selain itu Anda juga dapat berkonsultasi secara online untuk infomasi lebih lanjut dengan mengklik chat online diatas atau Anda dapat datang lansung di Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan paling lengkap.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik