Apa Itu Kutil Kelamin?
Kutil kelamin adalah salah satu penyakit kelamin, biasanya kutil kelamin mempunyai bentuk menyerupai kutil dan penyakit ini disebabkan oleh adanya Human Papiloma Virus (HPV), yang ditularkan melalui hubungan seksual baik pria atau wanita

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin juga disebut sebagai Condyloma Akuminata atau Genital Warts mereka bisa berkembang pada leher rahim, sekitar area genital dan rectum.

Biasanya kutil kelamin mempuyai rentan waktu sekitar 6 bulan untuk berkembang dan sebagian penderitanya tidak menyadari gejala awal tersebut, HPV juga menjadi penyebab utama kanker serviks diseluruh dunia.

Akan tetapi sub-tipe penyebab kanker berbeda dengan subtype penyebab kutil, namun banyak orang terinfeksi lebih dari satu subtype, jadi orang yang menderita genital wart juga berisiko terkena kanker serviks.

Waspada, Inilah Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

Gejala awal kutil kelamin mungkin tidak begitu terlihat, namun Anda perlu mewaspadainya. HPV ditularkan dari satu orang ke orang lain utamanya melalui hubungan sex, namun Anda juga bisa tertular melalui kontak kulit ke kulit.

Selain itu virus ini tidak ditularkan melalui cairan tubuh, Anda mungkin tidak mengetahui bahwa Anda telah terinfeksi virus ini sampai tumbuhnya kutil pada area kelamin.
Mungkin Anda telah terinfeksi HPV dan mengalami Asimtotik yang berarti Anda tidak memiliki gejala infeksi lainnya selama berbulan-bulan atau berminggu-minggu, dalam beberapa kasus seseorang bisa mengalami Asimtotik bertahun-tahun lalu tiba-tiba menemukan kutil kelamin pada organ genital mereka.

Anda mungkin tidak pernah memilik genital warts meskipun terinfeksi HPV, tidak ada tanda atau gejala awal kutil kelamin sehingga membuat sulit untuk mengetahui apakah Anda atau pasangan Anda terkena kutil kelamin, sebab itu ada baiknya Anda untuk mengenali gejala awal kutil kelamin terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui bahwa gejala awal kutil kelamin yang muncul biasanya gatal, dan jika pertumbuhan kutil mempunyai diameter yang besar mungkin akan mengganggu pada saat Anda buang air kecil atau buang air besar.

Sedangkan pada wanita mungkin merasakan tonjolan di dalam vagina yang membuat rasa sakit saat melakukan hubungan sex dan beberapa wanita mungkin memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur.

Jika kutil berada diluar mungkin sebagian orang akan merasa jengkel dan terkadang menimbulkan perdarahan. Kutil kelamin biasanya menimbulkan rasa sakit maka Anda harus mewaspadai jika timbul rasa nyeri di area kelamin.

Gejala awal kutil kelamin biasanya akan tampak keabu-abuan, namun seiring waktu akan tampak berubah seperti daging pada umumya, tetapi seringkali warnanya merah, kuning ataupun coklat biasanya tampilan nya akan bisa membuat anda membedakan apakan tonjolan kelamin atau tonjolan yang lainnya.

Kutil kelamin muncul dipermukaan yang lembab, terutama di pintu masuk vagina atau rectum pada wanita, dan pada pria kemunculan nya di area rectum dan genital, mereka mungkin berupa benjolan kecil, datar, benjolan daging atau benjolan seperti kembang kol, kutil yang tumbuh individu biasanya berdiameter 1 sampai 2 milimeter, namun dalam kelompok besar dapat tumbuh berukuran lebih besar.

Pada Wanita Kutil Kelamin Akan Tumbuh Pada:

• Di dalam vagina

• Diluar vagina

• Pada vulva

• Pada serviks

Sedangkan Pada Pria Kutil Kelamin Akan Tumbuh Pada

• Diluar mana saja di penis mereka

• Dibawah kulup (umumnya terjadi pada pria yang tidak sunat)

• Pada skrotum

• Paha

• Selangkangan bagian atas

• Di dalam uretra

Tes Diagnostik Yang Biasanya Sering Dilakukan Untuk Kutil Kelamin, Diantaranya:

Dokter biasanya akan menanyakan tentang riwayat kesehatan Anda dan kebiasaan seksual, dan menjadwalkan tes PMS Anda, lalu dokter akan memeriksa bagian fisik genital untuk mencari keberadaan kutil kelamin dan memperhatikan gejala awal kutil kelamin.

Karena penampilan kutil kelamin sangat khas sehingga tidak memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, namun kutil kelamin bisa berukuran sangat kecil sehingga jika menginginkan pemeriksaan lebih lanjut dapat melakukan pemeriksaan diagnostic seperti:

• Anoscopy – Instrument yang disebut anascope dapat dimasukan kedalam anus untuk memvisualisasikan kutil yang berada didalami agar dapat terlihat.

• Biopsy jaringan – Akan dilakukan pengambilan sampel pada jaringan lalu kan dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

• Kolposkopi – Instrument yang digunakan untuk mendeteksi atau melihat kutil di dalam vagina dan leher rahim.

• Pap Smear – pemeriksaan langsung di dalam vagina atau serviks.

Tidak ada tes khusus yang dapat dilakukan pada pria kecuali mereka memiliki kutil yang menonjol.
Pengobatan Kutil Kelamin Dengan Teknik Ablasi:

Ada Empat Teknik Ablasi yang Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Kutil Kelamin Diantaranya:

Eksisi – Sebelum dilakukan eksisi dokter akan memberikan bius local pada area kutil kelamin, kutil akan dipotong dan dibuang, selanjutnya akan dijahit, namun terdapat efek yang ditimbulkan adalah bekas luka setelah bekas eksisi sembuh.

Bedah listrik – Metode ini biasanya dikolaborasikan dengan teknik eksisi, setelah kutil dieksisi maka sisa-sisa kutil akan dibakar dengan kawat yang panas. Metode ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kutil di area vulva dan anus.

Cryotherapy – Ini merupakan metode pelepasan kutil dengan cairan nitrogen, teknik ini biasanya digunakan secara berkala hingga kutil hilang dan tertutup oleh kulit, namun terdapat efek samping yang timbul biasanya nyeri, iritasi dan kulit akan melepuh.

Bedah Laser – Metode ini menggunakan laser untuk membakar dan menghilangkan kutil, metode ini mungkin menjadi pilihan terakhir karena hanya menghilangkan kutil pada bagian luar, namun terdapat efek yang ditimbulkan iritasi dan nyeri selama beberapa minggu.

Demikianlah pembahasan mengenai gejala awal kutil kelamin, semoga bisa menambah wawasan dan mengetahui gejala kutil kelamin tersebut dan Jika Anda ingin informasi lebih lanjut mengenai gejala kutil kelamin dan ingin menyembuhkan kutil kelamin maka Anda bisa mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.