Para wanita seringkali mengalami keputihan, baik yang terjadi secara normal ataupun yang abnormal. Walaupun begitu, sebagian besar keputihan yang terjadi sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan dan tidak membutuhkan cara mengatasi keputihan, karena terbilang suatu hal yang memang alami untuk terjadi. Dikatakan sebagai suatu hal yang alami, karena keputihan yang terjadi secara normal sering berkaitan dengan hormon.

Namun berbeda dengan keputihan abnormal yang juga bisa dialami oleh setiap wanita. Jenis keputihan ini akan terjadi bila ada gangguan pada area kewanitaan, seperti adanya infeksi ataupun penyakit tertentu yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita. Selain itu, keputihan abnormal juga akan menunjukkan gejala yang berbeda-beda tergantung dari penyebab yang mendasarinya.

Perbedaan Keputihan Normal Dan Abnormal

Keputihan normal umumnya menjadi tanda dari kondisi tubuh wanita, seperti ketika akan ataupun setelah menstruasi, saat masa subur, dan juga saat wanita merasa bergairah. Pada saat-saat inilah, cenderung terjadi perubahan hormon yang akhirnya mengakibatkan terjadinya keputihan yang berwarna jernih, tidak berbau, dan juga tidak menyebabkan gatal.

Sedangkan keputihan abnormal akan terjadi karena adanya infeksi jamur, bakteri, parasit ataupun virus. Keputihan abnormal juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki penyakit menular seksual ataupun penyakit lain yang berhubungan dengan organ reproduksi seperti misalnya kanker serviks. Keputihan ini akan terlihat berwarna seperti kuning, hijau, putih, ataupun coklat, mengeluarkan bau tidak sedap seperti bau busuk atau bau amis, dan sering menyebabkan gatal, panas ataupun nyeri.

Mengatasi Keputihan

Anda tidak perlu mengkhawatirkan keputihan yang terjadi secara normal atau alami dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas. Sehingga tidak diperlukan penanganan tertentu jika Anda mengalami keputihan tersebut.

Berbeda dengan Anda yang mengalami keputihan abnormal. Penanganan harus segera dilakukan untuk mengatasi keputihan ini. Terlebih lagi bila keputihan abnormal ini terjadi karena adanya indikasi penyakit lain yang mungkin bisa berbahaya bagi wanita.

Untuk mengatasinya, maka terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan terkait penyebab keputihan abnormal tersebut. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel keputihan yang Anda alami untuk diuji di laboratorium. Setelah mendapatkan penyebab pastinya, maka pengobatan dapat dilakukan.

Pengobatan untuk infeksi bakteri dan parasit umumnya diberikan antibiotik untuk menghilangkan bakteri dan juga penyakit yang menginfeksi. Keputihan karena jamur akan diberikan pengobatan berupa obat anti-jamur. Sedangkan keputihan karena virus akan diberikan obat anti-virus.

Mencegah Keputihan

Agar keputihan abnormal tidak Anda alami, maka pencegahan bisa Anda lakukan. Karena mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Pencegahan yang dilakukan agar tidak mengalami keputihan abnormal juga terbilang mudah seperti selalu menjaga kebersihan area kelamin, menghindari penggunaan pembersih vagina, tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, memakai celana dalam berbahan katun agar dapat menyerap keringat, mengonsumsi makanan sehat, dan juga menghindari aktivitas seksual yang berisiko menularkan Anda penyakit menular seksual.

Jangan biarkan keputihan abnormal terabaikan tanpa penanganan apapun, karena bisa terjadi komplikasi serius yang akan merugikan bahkan membahayakan wanita. Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan dan juga pengobatan pada Klinik Utama Gracia agar masalah keputihan abnormal yang Anda alami bisa cepat teratasi dengan penanganan yang tepat.

Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dulu untuk bertanya mengenai kondisi keputihan yang Anda alami, dengan menghubungi staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online di bawah ini. Semoga bermanfaat.