Susah buang air kecil bukan suatu kondisi yang bisa Anda remehkan begitu saja. Bila urine yang seharusnya dikeluarkan namun tidak bisa dibuang oleh tubuh, maka urine tersebut akan membuat terjadinya infeksi pada organ tubuh. Hal ini disebabkan urine yang merupakan sisa pembuangan tubuh yang berisi mikroorganisme tidak berguna, yang bila dibiarkan terlalu lama dalam tubuh akan membuat terjadinya infeksi.

Kondisi dimana susah buang air kecil bisa terjadi pada siapa saja, namun seringkali ditemui pada pria. Sulit buang air kecil dapat menjadi tanda bahwa adanya gangguan yang berkaitan dengan organ yang berada di sekitar sistem kemih seseorang. Ketika seseorang mengalami kesulitan dalam buang air kecil, maka akan muncul perasaan tidak nyaman karena urine sulit dikeluarkan di saat keinginan buang air kecil muncul.

Berikut ini adalah beberapa penyebab susah buang air kecil.

  1. Psikologis

Penyebab yang pertama adalah karena kondisi psikologis seseorang. Hal ini mungkin jarang terjadi, namun di beberapa kasus ada pula seseorang yang mengalami kesulitan dalam buang air kecil karena faktor psikologis yang dimilikinya. Kondisi tersebut disebut dengan parauresis dimana muncul perasaan tidak nyaman dengan keberadaan orang lain di sekitarnya sehingga memicu sulitnya buang air kecil.

  1. Efek Dari Penggunaan Obat

Pada beberapa jenis obat ada yang memberikan efek samping berkaitan dengan proses berkemih pemakainya, dalam hal ini adalah sulitnya buang air kecil. Obat-obatan yang dapat menimbulkan efek tersebut seperti obat flu, dekongestan, obat alergi, obat antidepresi, dan juga antikolinergik.

  1. Operasi

Pembedahan yang dilakukan di sekitar ginjal, kandung kemih ataupun saluran kencing akan menimbulkan efek dimana Anda akan kesulitan dalam buang air kecil. Selain itu, pemberian obat bius untuk operasi akan membuat Anda susah buang air kecil setelah operasi tersebut selesai.

  1. Gangguan Pada Sistem Syaraf

Penyakit stroke, mengalami kecelakaan, diabetes, pasca melahirkan, infeksi pada otak, dan gangguan pada saraf tulang belakang akan membuat terjadinya gangguan ataupun terjadinya kerusakan pada sistem syaraf. Hal ini bisa membuat terjadinya kesulitan untuk buang air kecil.

  1. Pembesaran Prostat

Pada pria, seiring bertambahnya usia maka kelenjar prostat bisa saja mengalami pembesaran. Ketika hal ini terjadi, maka kelenjar prostat bisa menekan saluran kencing dan membuat urine tidak lancar dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikeluarkan. Gejala yang akan terjadi adalah sering merasakan keinginan buang air kecil namun urine sulit untuk dikeluarkan, nyeri saat buang air kecil, perlu mengejan ketika buang air kecil, urine yang dikeluarkan sering tersendat, urine keluar beserta darah, dan sering merasa tidak tuntas buang air kecil.

  1. Infeksi Saluran Kencing

Penyebab ini umumnya dialami oleh para wanita dan seringkali terjadi karena kesalahan dalam membersihkan area kelamin, sehingga ada bakteri yang masuk ke saluran kencing. Infeksi bakteri ini juga bisa terjadi ketika wanita tidak membiasakan diri untuk buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual. Gejala yang akan terjadi bila seseorang mengalami infeksi saluran kencing adalah sakit saat buang air kecil, sulit buang air kecil, nyeri perut bagian bawah, urine berbau menyengat dan berwarna keruh, dan seringkali terjadi demam.

Untuk memastikan penyebab susah buang air kecil yang Anda alami, maka harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Anda dapat memeriksakan diri Anda ke Klinik Utama Gracia untuk memastikan diagnosis kondisi yang Anda alami.