Pada area dinding vagina dan leher rahim wanita terdapat kelenjar yang akan memproduksi cairan. Cairan tersebut berguna untuk membersihkan dan menjaga kesehatan dari organ genital wanita ini. Hal inilah yang membuat keluarnya cairan keputihan ini terbilang normal. Namun bila keputihan yang terjadi abnormal dan berlebihan, maka Anda memerlukan cara mengatasi keputihan yang berlebih.

Keputihan berlebihan akan menyebabkan rasa tidak nyaman karena cenderung akan mengganggu keseharian. Penyebab dari keputihan yang berlebih juga bisa karena berbagai hal, mulai dari penyebab keputihan berlebih yang normal ataupun abnormal. Sebelum mengetahui cara mengatasi keputihan yang berlebih, berikut ini adalah beberapa penyebab dari kondisi tersebut.

Penyebab Keputihan Yang Berlebih

  1. Infeksi jamur. Pada kondisi ini, keputihan berlebihan akan disertai dengan gejala lain seperti bertekstur kental, berwarna putih, disertai gatal dan memiliki bau tidak sedap. Biasanya jamur yang sering menginfeksi area vagina adalah jamur candida.
  2. Vaginosis bakteri. Terlalu berlebihannya jumlah bakteri di area kewanitaan, akan membuat terjadinya keputihan. Keputihan akan keluar secara berlebihan, berwarna keabuan, dan mengeluarkan bau amis.
  3. Penyakit menular seksual. Penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya keputihan yang berlebihan adalah klamidia dan juga gonore. Umumnya gejala yang dialami adalah keputihan yang kekuningan, berbau busuk dan juga menyebabkan gatal.
  4. Kanker. Jenis kanker yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami keputihan berlebih adalah kanker serviks dan kanker rahim. Hal ini terjadi karena adanya tumor yang akan merangsang kelenjar untuk terus menghasilkan lendir atau keputihan. Cirinya, lendir berwarna putih, tekstur seperti krim, tidak mengeluarkan bau, dan terkadang disertai darah.

Namun bisa juga keputihan berlebih terjadi karena faktor lain, seperti adanya rangsangan seksual, hamil, masa ovulasi, dan juga terjadi keseimbangan hormon progesteron. Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebih

  1. Mencari Penyebabnya

Agar permasalahan ini dapat diatasi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari penyebab yang mendasari masalah tersebut. Bila sudah ditemukan penyebabnya, maka pengobatan bisa diberikan sesuai penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatan keputihan berlebihan yang tepat, maka Anda perlu berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter.

  1. Penanganan Mandiri

Cara mengatasi keputihan yang berlebih juga harus dilakukan secara mandiri di rumah. Hal ini untuk membantu pengobatan yang diberikan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan. Penanganan yang bisa dilakukan sendiri pertama-tama yaitu dengan menjaga kebersihan area kewanitaan. Area sensitif ini memang harus selalu dijaga kebersihan dan kelembabannya, agar tidak ada mikroorganisme yang dapat berkembangbiak dan menyebabkan terjadinya infeksi sehingga Anda mengalami keputihan berlebihan yang abnormal.

Anda juga harus menghindari penggunaan produk pembersih vagina, tisu, pembalut ataupun pantyliner yang memiliki kandungan parfum atau pewangi di dalamnya agar tidak terjadi keputihan abnormal. Selain itu penggunaan produk pembersih vagina yang berlebihan akan membuat rusaknya keseimbangan pH pada area kewanitaan, sehingga bakteri baik akan mati dan bakteri jahat akan lebih mudah hidup, dan berkembangbiak.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara-cara yang sudah Anda lakukan, akan lebih baik disertai dengan kebiasaan untuk mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan sehat akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan tidak mudah terkena infeksi bakteri, jamur, ataupun virus yang bisa menyebabkan penyakit ataupun keputihan yang berlebihan. Anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi gula, kafein dan alkohol yang berlebihan yang dapat memicu mikroorganisme penyebab keputihan berlebihan.

Bila Anda mengalami keputihan yang berlebih, segera konsultasikan dengan dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.