Pada wanita, sebenarnya keputihan adalah suatu hal yang alami untuk terjadi. Namun seringkali wanita mengalami keputihan yang kondisinya tidak normal. Sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman karena gejala yang ditimbulkannya. Keputihan abnormal ini juga bukan suatu hal yang boleh disepelekan, karena mungkin saja disebabkan oleh kondisi tertentu pada tubuh.

Ada beberapa hal tentang keputihan yang harus Anda ketahui, mulai dari ciri-cirinya, penyebab dan juga cara mengatasinya. Berikut penjelasannya.

Ciri-Ciri

Keputihan normal dan keputihan abnormal tentunya akan memiliki ciri yang berbeda. Perihal tentang ciri-ciri keputihan adalah suatu hal yang harus diketahui setiap wanita, agar dapat membedakan apakah mereka mengalami keputihan normal atau abnormal. Berikut ini adalah beberapa ciri keputihan abnormal.

1. Mengeluarkan Bau

Bila normalnya keputihan tidak mengeluarkan bau, maka keputihan abnormal akan memiliki ciri dimana keluarnya bau yang tidak sedap dari keputihan. Penyebab bau ini bisa dikarenakan adanya kuman ataupun bakteri yang sudah menginfeksi vagina wanita.

1. Membuat Gatal

Vagina wanita akan seringkali mengeluarkan cairan yang berguna untuk membersihkan area sensitif tersebut. Namun saat cairan yang keluar dari vagina membuat area tersebut menjadi gatal, maka Anda harus waspada, karena kemungkinan Anda mengalami keputihan abnormal.

1. Berwarna

Normalnya, keputihan akan berwarna bening atau tidak berwarna. Namun pada keputihan abnormal, maka cairan yang keluar ini akan berwarna seperti hijau, kuning, bahkan disertai darah. Tentunya kondisi ini harus Anda periksakan segera, untuk mengetahui yang Anda alami merupakan keputihan adalah normal atau abnormal.

1. Nyeri dan Terasa Panas

Ciri lain yang menunjukkan keputihan abnormal adalah Anda merasakan nyeri atau sakit ketika buang air kecil. Hal ini terjadi karena infeksi yang sudah sampai ke sistem kemih. Selain itu, Anda juga kemungkinan akan merasakan efek panas di vagina yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi karena infeksi.

Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penyebab keputihan adalah suatu hal yang harus Anda ketahui. Karena keputihan abnormal akan mudah terjadi, bila penyebab-penyebab ini tidak dihindari. Berikut ini adalah penyebab dan juga cara mengatasi permasalahan keputihan abnormal yang Anda alami.

1. Infeksi Kuman, Jamur, Bakteri

Bila terjadi infeksi pada vagina yang disebabkan oleh kuman, jamur, dan juga bakteri, akan membuat wanita mengalami keputihan abnormal. Biasanya infeksi ini akan mudah terjadi bila area kewanitaan terlalu lembab, dan kurang terawat. Untuk mengatasinya, Anda harus menjaga kelembaban dan kebersihan vagina. Hindari membersihkan vagina dengan produk yang akan merusak keseimbangan pH, dan membuat bakteri baik mati dan digantikan dengan bakteri yang merugikan.

1. Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin seperti trikomoniasis, sipilis, gonore dan yang lainnya dapat menyebabkan Anda mengalami keputihan yang abnormal. Penyakit-penyakit ini bisa Anda alami bila Anda melakukan aktivitas seksual yang berisiko seperti bergonta-ganti pasangan, ataupun melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Untuk mengatasinya, Anda harus menghindari melakukan aktivitas seksual yang tidak aman. Setia kepada satu pasangan juga akan menghindarkan Anda dari kemungkinan penularan penyakit-penyakit ini.

1. Faktor Psikis

Bila wanita stres dan merasa kelelahan, bukan tidak mungkin bahwa mereka akan mengalami keputihan abnormal. Hal ini terjadi karena keseimbangan hormon yang terganggu bila seseorang mengalami stres serta kelelahan. Karena itu, hindari segala hal yang dapat membuat Anda stres dan juga pastikan Anda mendapat istirahat yang cukup setiap harinya.

1. KB

KB suntik dan pil KB merupakan jenis alat kontrasepsi yang dapat mempengaruhi hormon dan membuat terjadinya keputihan. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum memilih jenis alat kontrasepsi.

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui oleh para wanita. Setelah mengetahui keputihan adalah, beserta hal lainnya, maka bila Anda mengalami ciri di atas, sebaiknya Anda segera mencari tahu penyebabnya dengan memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Dengan begitu, pengobatan bisa cepat dilakukan hingga tuntas.