Keputihan yang membuat area kewanitaan menjadi gatal, merupakan tanda bahwa keputihan yang dialami wanita adalah keputihan abnormal. Keputihan yang abnormal umumnya akan membuat gatal, memiliki tekstur yang berbeda dari keputihan normal, berbau, dan juga warnanya berubah. Untuk mengatasi gatal yang terjadi, ada beberapa cara mengobati keputihan yang gatal.

Sebenarnya keputihan merupakan suatu hal yang biasa atau terbilang normal bagi wanita. Namun seringkali wanita mengalami kondisi keputihan abnormal yang bisa terjadi karena banyak hal, seperti terjadinya infeksi jamur, bakteri, dan virus ataupun adanya suatu penyakit. Keputihan abnormal juga seringkali membuat rasa tidak nyaman, karena gatal ataupun bau yang disertainya. Keputihan yang gatal ini akan membuat wanita ingin menggaruk area kewanitaan, yang sebenarnya hal tersebut tidak boleh untuk dilakukan. Agar tidak mengganggu aktivitas Anda, lakukan cara mengobati keputihan yang gatal berikut ini.

  1. Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Menjaga kebersihan vagina merupakan hal utama yang harus Anda lakukan. Bila hal ini dilakukan dengan baik, maka Anda akan terhindar dari keputihan abnormal, ataupun bisa membantu proses penyembuhan dari keputihan abnormal yang Anda alami. Membersihkan area kewanitaan sebenarnya cukup dengan memakai air saja, pastikan bila yang Anda gunakan adalah air bersih. Bersihkan area ini dari arah depan ke belakang, agar bakteri tidak berpindah ke vagina. Setelah membersihkan area kewanitaan, pastikan bahwa area tersebut Anda keringkan dengan benar. Jangan membiarkan area tersebut dalam keadaan lembab ketika Anda akan memakai pakaian, karena bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri yang menyebabkan keputihan abnormal.

  1. Hindari Produk Pembersih

Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa membersihkan area kewanitaan sudah sangat cukup dengan hanya menggunakan air bersih saja. Karena sebenarnya vagina sendiri memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Namun kebanyakan wanita memilih untuk membersihkan area kewanitaannya menggunakan sabun ataupun produk yang memiliki kandungan pewangi di dalamnya agar area kewanitaan bisa selalu wangi. Padahal ini keliru. Sebaiknya Anda menghindari semua produk yang mengandung pewangi yang akan digunakan untuk area kewanitaan, seperti tisu, pembersih, ataupun sabun. Penggunaan produk-produk ini akan merusak keseimbangan pH vagina, dan membuat aktivitas bakteri meningkat, sehingga keputihan bisa terjadi.

  1. Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Sehat

Cara mengobati keputihan yang gatal lainnya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa makanan seperti kentang, ubi, alpukat, lemon, yoghurt, kale, bayam dan edamame, dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi bakteri yang bisa menyebabkan keputihan yang gatal. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan. Gula yang berlebihan akan merangsang berkembangnya bakteri yang berada di lingkungan vagina, sehingga jumlahnya meningkat, dan membuat terjadinya infeksi. Jika Anda mengalami keputihan yang gatal, sebaiknya juga hindari konsumsi kopi, soda, teh, coklat, dan juga makanan fermentasi yang terlalu banyak. Selain itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air putih yang cukup.

  1. Memeriksakan Diri Ke Dokter

Mencari tahu penyebab keputihan gatal yang Anda alami bisa menjadi salah satu cara mengobati keputihan yang gatal. Untuk mengetahui penyebabnya, Anda harus memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Dokter akan menguji sampel cairan vagina Anda untuk melihat kemungkinan infeksi mikroorganisme yang terjadi. Ataupun dilakukan pemeriksaan lain untuk melihat apakah ada penyakit tertentu yang membuat terjadinya keputihan yang abnormal tersebut.

Beberapa cara di atas seharusnya dapat membantu permasalahan keputihan yang Anda alami. Terlebih bila Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan permasalahan yang Anda alami.

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan staf medis dengan melalui layanan konsultasi online, ataupun memeriksakan diri langsung ke dokter Klinik Utama Gracia. Jangan biarkan permasalahan keputihan abnormal menjadi berlarut-larut tanpa penanganan.