Penyakit radang panggul atau PID adalah infeksi atau peradangan yang terjadi di organ panggul wanita, seperti rahim, tuba fallopi, indung telur, dan juga leher rahim. PID atau pelvic inflammatory disease ini bisa terjadi pada usia 15 sampai dengan 24 tahun yang sudah aktif dalam aktivitas seksual. Penyakit ini sangat berkaitan erat pada kesuburan wanita. PID adalah penyakit yang harus Anda waspadai. Jika mengalami gejala berikut ini, maka sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

  1. Nyeri Perut Bagian Bawah

Gejala pertama yang harus diwaspadai terkait PID adalah nyeri di perut bagian bawah. Umumnya kondisi ini akan dialami wanita jika mendekati periode menstruasi. Namun bila rasa sakit yang Anda alami sudah berkelanjutan, bahkan lewat dari periode menstruasi, sebaiknya Anda lebih waspada.

  1. Nyeri Panggul

Nyeri di panggul sudah pasti akan terjadi bila ada peradangan ataupun infeksi pada bagian tersebut. Segera periksakan ke dokter, bila sakit atau nyeri di bagian panggul tersebut berlangsung lama.

  1. Sakit Ketika Buang Air Kecil

Gejala ini mungkin tidak langsung menunjukkan gejala radang panggul. Namun pada penderita radang panggul, maka akan merasakan sakit ketika buang air kecil. Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

  1. Warna Keputihan Berubah Dan Berbau

Keputihan yang sudah berubah warna dan mengeluarkan bau menunjukkan ciri-ciri keputihan yang abnormal. Jika Anda mengalami radang panggul atau PID, maka keputihan yang akan Anda alami akan berubah menjadi berwarna kuning ataupun kehijauan. Selain itu, keputihan yang keluar juga cenderung akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Sakit Yang Luar Biasa Saat Menstruasi

Nyeri haid memang wajar dan seringkali dialami oleh para wanita. Namun pada penderita radang panggul, sakit saat menstruasi ini akan terasa sangat menyakitkan, sehingga sampai merasa tidak nyaman dan sulit melakukan aktivitas.

  1. Demam

Demam bukan hanya menjadi gejala yang akan terjadi saat Anda flu. Namun demam juga bisa menjadi tanda jika Anda mengalami infeksi pada bagian tubuh Anda, seperti misalnya pada bagian organ panggul. Jika demam ini juga disertai dengan gejala lainnya terkait PID, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  1. Sakit Ketika Berhubungan Seksual

Terjadinya peradangan pada area panggul akan menyebabkan wanita merasakan sakit saat berhubungan seksual. Bila gejala ini juga diikuti gejala lainnya, maka Anda harus waspada pada kemungkinan penyakit radang panggul.

  1. Pendarahan Yang Banyak Dan Menstruasi Yang Lama

Gejala lain yang akan dialami oleh penderita radang panggul adalah terjadinya pendarahan saat menstruasi yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu penderita juga akan mengalami periode menstruasi yang lama atau panjang. Ada baiknya Anda mengetahui seberapa lama biasanya periode menstruasi yang Anda alami, agar mengetahui kemungkinan adanya gangguan.

Itulah beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita radang panggul atau PID. Gejala-gejala di atas harus diwaspadai dan segera mendapatkan penanganan. Karena PID adalah penyakit yang cukup membahayakan. Ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi jika radang panggul dibiarkan tanpa penanganan, yaitu wanita mengalami ketidaksuburan, kehamilan ektopik, mengalami radang panggul yang berulang, abses, dan juga terasa sakit di panggul dalam waktu yang lama.

Karena penyakit radang panggul ini sangat mudah kambuh, maka ada baiknya Anda melakukan pengobatan hingga tuntas, dan menjaga organ reproduksi dengan baik. Segera konsultasikan ke staf medis Klinik Utama Gracia, bila Anda memerlukan solusi untuk permasalahan penyakit radang panggul yang Anda alami. Anda bisa menghubungi staf medis kami melalui layanan chatting di bawah ini.