Sistem kemih manusia seringkali mengalami infeksi. Ciri ciri infeksi saluran kencing atau saluran kemih sering menimbulkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Umumnya kondisi ini dirasakan oleh wanita, karena jarak saluran uretra yang dimiliki wanita lebih dekat dibanding milik pria.

Penyebab dari penyakit ini adalah karena adanya infeksi bakteri pada saluran kemih atau saluran kencing. Bakteri ini bisa berasal dari anus ataupun kotoran, dan berpindah ke saluran kemih, dan menimbulkan infeksi. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan kebiasaan menahan buang air kecil ataupun tidak buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual, sehingga bakteri berpindah ke saluran kemih.

Lalu apa saja ciri ciri infeksi saluran kencing? Hal ini perlu diketahui agar Anda lebih waspada pada penyakit ini.

1. Merasakan Sakit Ketika Buang Air Kecil

Ciri ciri infeksi saluran kencing yang pertama adalah munculnya rasa sakit saat Anda buang air kecil. Sakit yang biasanya muncul akan terasa seperti panas terbakar. Sebaiknya waspada jika Anda mengalami gejala infeksi saluran kencing ini.

1. Sering Buang Air Kecil

Tidak terlalu sering minum, namun sering buang air kecil, umumnya akan dirasakan oleh penderita infeksi saluran kemih atau infeksi saluran kencing. Penderita juga kadang merasakan kondisi ini di malam hari saat sedang beristirahat, sehingga harus terbangun dari tidur untuk buang air, yang tentunya akan mengganggu istirahat.

1. Urine Hanya Sedikit

Walaupun sering buang air kecil, bukan berarti karena urine yang dikeluarkan banyak, namun malah sebaliknya. Umumnya penderita infeksi saluran kencing akan merasakan urine yang keluar hanya sedikit-sedikit, sehingga penderita akan sering bolak-balik kamar mandi walaupun hanya membuang sedikit urine, atau yang biasa disebut anyang-anyangan.

1. Urine Berbau Menyengat

Urine yang dikeluarkan oleh penderita infeksi saluran kencing umumnya akan menimbulkan bau menyengat yang tidak sedap.

1. Sakit Pinggang

Infeksi saluran kencing yang semakin bertambah parah akan ditandai dengan bagian pinggang yang terasa sakit. Pada saat ini terjadi, maka menjadi tanda bahwa infeksi sudah sampai ke ginjal.

1. Keluar Darah Pada Urine

Selain sakit pinggang, keluarnya darah bersama dengan urine juga menjadi tanda bahwa infeksi saluran kencing semakin bertambah parah. Hal ini akan membuat penderita mengalami urine yang berwarna kemerahan, karena bercampur dengan darah.

1. Demam

Karena adanya infeksi bakteri di dalam tubuh, maka biasanya penderita juga akan mengalami demam. Namun gejala ini sering diabaikan, karena dianggap karena penyakit demam biasa, bukan karena disebabkan oleh infeksi saluran kencing.

Waspadai ciri ciri infeksi saluran kencing di atas, dan segera periksakan kondisi Anda ke dokter jika mengalaminya. Dokter umumnya akan memastikan diagnosis dengan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti tes urine untuk mengetahui apakah ada bakteri penyebab infeksi saluran kencing. Selain itu pemeriksaan lain juga mungkin akan dilakukan seperti tes darah, USG, CT scan, MRI scan, sistoskopi, dan juga Intravenous pyelogram.

Setelah didapatkan diagnosis yang tepat, maka dokter akan memberikan pengobatan dengan antibiotik, guna membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kencing. Bila masih dalam tahap ringan, maka penderita tidak perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit, dan akan sembuh beberapa hari setelah dilakukan pengobatan. Namun jika sudah menimbulkan komplikasi dan bertambah parah, penderita perlu melakukan perawatan di rumah sakit.

Jagalah kebersihan area kelamin, agar bakteri tidak berpindah ke saluran kencing dan menginfeksi bagian tersebut. Anda bisa melakukan konsultasi gratis secara online dengan staf medis Klinik Utama Gracia terkait infeksi saluran kencing yang Anda alami.