Lendir yang biasa keluar dari vagina wanita atau yang sering disebut keputihan, normalnya akan berwarna jernih, dan tidak berbau. Namun bisa juga keputihan berbau amis terjadi pada wanita. Keputihan bau amis ini merupakan salah satu tanda bahwa Anda sedang mengalami keputihan yang abnormal. Penyebab dari keputihan berbau amis ini bisa dikarenakan adanya bakteri di area kewanitaan.

Di vagina sendiri memang banyak terdapat bakteri, namun bakteri baik yang umumnya tidak membahayakan jika dalam kadar yang normal. Pertumbuhan bakteri yang berlebihan bisa terjadi karena tingkat keasaman vagina yang tidak seimbang, dan juga karena pengaruh hormon.

Keputihan bau amis bisa terjadi karena ada infeksi bakteri bernama gardnerella. Bakteri ini akan membuat keluarnya cairan keputihan yang abnormal dengan gejala mengeluarkan bau yang tidak sedap, seperti bau amis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya keputihan berbau amis.

  1. Makanan

Salah satu makanan yang bisa memicu timbulnya bau amis yaitu daging merah. Daging merah ini bukan hanya membuat timbulnya bau amis, namun juga bisa membuat vagina menjadi gatal, dan menyebabkan seseorang mengalami hipertensi, jika daging merah dikonsumsi secara berlebihan. Untuk menghindarinya, konsumsi lah makanan sehat seperti sayur dan juga buah.

  1. Celana Basah

Jamur dan bakteri sangat mudah berkembang biak di tempat yang lembab, salah satunya ketika celana sedang basah. Bakteri dan jamur akan lebih cepat berkembang ketika Anda terus menggunakan celana dalam keadaan basah atau lembab, dan akhirnya memicu terjadi keputihan berbau amis. Oleh karena itu, hindari menggunakan celana yang masih basah ataupun lembab.

  1. Bakteri Vaginosis

Terjadinya bakteri vaginosis bisa mengganggu keseimbangan cairan sehingga terjadi lah keputihan yang abnormal, berlebihan, dan juga mengeluarkan bau amis. Bakteri vaginosis ini juga menyebabkan kondisi gatal di area vagina.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan

Banyak wanita yang tidak terlalu perduli dengan kebersihan area kewanitaannya. Padahal hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan vagina wanita. Kurangnya menjaga kebersihan vagina akan membuat banyak kuman dan bakteri yang tumbuh, dan akhirnya menyebabkan bau, dan keputihan yang abnormal. Untuk itu, jaga kebersihan dan juga kelembaban area kewanitaan setiap saat. Jangan lupa untuk membersihkan area kewanitaan dari arah depan ke belakang atau dari vagina menuju anus, jangan sebaliknya.

  1. Trikomoniasis

Infeksi penyebab keputihan abnormal ini disebabkan adanya mikroorganisme protozoa. Mikroorganisme ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan penderita. Jika sudah terinfeksi mikroorganisme ini, wanita akan mengalami bau tidak sedap di vagina, dan juga keputihan abnormal.

  1. Kanker Serviks

Kanker yang menjadi pembunuh nomer satu pada wanita ini ternyata juga bisa memiliki salah satu gejalanya yaitu keputihan bau amis. Kanker ini akan menyerang leher rahim, dengan gejala lain seperti sakit di perut bagian bawah, dan juga kencing mengeluarkan darah. Penyebab penyakit ganas ini umumnya karena melakukan hubungan seksual yang tidak sehat. Pria yang belum sunat, juga bisa menyebabkan pasangan wanitanya mengalami kanker ini.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadi keputihan yang mengeluarkan bau amis. Oleh karena itu jaga selalu kebersihan dan kesehatan organ intim Anda agar terhindar dari pertumbuhan bakteri, jamur, virus, ataupun mikroorganisme lain yang bisa menyebabkan penyakit yang mungkin saja berbahaya bagi Anda.

Anda bisa berkonsultasi terkait kondisi Anda dengan tenaga medis kami melalui layanan chatting di bawah ini. Semoga bermanfaat.