Keputihan yang dialami wanita umumnya bersifat normal. Namun jika keputihan sudah memiliki ciri-ciri tertentu, seperti misalnya keputihan yang memiliki warna berbeda, mengeluarkan bau yang tidak sedap dan juga menyebabkan gatal, bisa jadi kalau keputihan yang dialami wanita tersebut bersifat abnormal, bahkan bisa berbahaya. Untuk mengatasinya, umumnya wanita menggunakan obat keputihan resep dokter.

Beberapa obat keputihan resep dokter ini merupakan obat yang umumnya diberikan ketika Anda memeriksakan diri ke dokter terkait dengan keluhan keputihan yang Anda rasakan. Sesuai dengan namanya, bahwa obat ini tidak bisa didapatkan tanpa resep dokter, dan juga lebih aman digunakan jika disertai dengan resep dokter. Untuk itu, periksakan kondisi Anda ke dokter untuk dapat menggunakan obat-obatan ini.

Cara Mendiagnosis Keputihan

Jika Anda ingin mengetahui diagnosis yang tepat terkait dengan penyebab keputihan yang Anda alami, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter umumnya akan menanyakan tentang keluhan yang Anda rasakan. Dokter juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan keluarga Anda. Lalu dokter akan bertanya terkait gejala keputihan yang sedang Anda alami, apa merasakan gatal, berbau, keputihan berlebihan, keputihan yang berubah warna, dan lainnya. Setelah beberapa hal tersebut ditanyakan, dokter akan melanjutkan pemeriksaan dengan mengambil sampel keputihan yang Anda alami, untuk mengetahui apa penyebab dari keputihan tersebut, apakah karena infeksi jamur, kuman, bakteri, parasit ataupun karena penyakit tertentu lainnya.

Obat Keputihan Resep Dokter

Selain dapat mengatasi keputihan dengan cara-cara tradisional ataupun dengan yang bersifat alami, Anda juga bisa mengatasi keputihan yang Anda alami dengan menggunakan beberapa obat di bawah ini, yaitu Tenconzole, Tioconazole, Butonconazole, Miconazole, Flagystatin, Fluconazole. Biasanya obat-obatan ini berbentuk krim ataupun kapsul yang akan membasmi dan mencegah infeksi menjadi berulang, atau kambuh. Cara penggunaan obat krim bisa dilakukan dengan mengoleskan obat pada area yang terinfeksi. Sedangkan yang berbentuk kapsul bisa dimasukkan ke dalam vagina ataupun obat minum.

Ada baiknya, jika Anda mencari obat keputihan resep dokter untuk permasalahan keputihan Anda, harus disertai dengan konsultasi dan juga diagnosa yang tepat oleh dokter. Karena kebanyakan obat ini bisa menimbulkan efek samping yang mungkin akan membuat ketidaknyamanan. Untuk itu sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu mengenai pengobatan dan penanganan manakah yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi salah dalam pemakaian obat yang malah akan membuat infeksi menjadi semakin buruk, dan sulit diatasi. Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi Anda pada dokter untuk mengetahui penyebabnya dengan pasti.

Itulah beberapa obat resep dokter yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan yang Anda alami. Untuk diagnosa dan pengobatan yang tepat, disarankan Anda untuk berkonsultasi dan juga memeriksakan diri ke dokter, karena pengobatan akan diberikan berdasarkan diagnosa atau kondisi yang Anda alami. Anda juga bisa melakukan konsultasi online dengan staf Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi terkait dengan keputihan ataupun pengobatan keputihan yang Anda alami. Untuk berkonsultasi online Anda bisa menggunakan layanan konsultasi di bawah ini. Semoga bermanfaat.