Infeksi saluran kemih bisa dialami oleh siapa saja. Namun umumnya infeksi ini dialami oleh wanita. hal ini dikarenakan wanita mempunyai saluran uretra yang lebih pendek dibanding pria, yaitu sekitar 2-2,5 cm. Infeksi ini akan menyerang organ sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan juga uretra. Gejala yang sering dialami penderita infeksi saluran kemih ini biasanya seperti sering buang air kecil, nyeri perut bagian bawah, dan juga ada perasaan belum tuntas ketika buang air. Infeksi ini bisa muncul karena adanya bakteri Escherichia coli yang seharusnya hidup di saluran cerna manusia. Jika Anda mengalami infeksi saluran kemih, ada beberapa obat infeksi saluran kemih yang bisa mengatasi permasalahan Anda.

Obat Infeksi Saluran Kemih

Biasanya dokter akan memberikan obat infeksi saluran kemih seperti antibiotik untuk menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab infeksi tersebut. Antibiotik yang kemungkinan akan diberikan adalah ciprofloxacin, levofloxacin dan juga trimethoprim. Ada juga antibiotik lain yaitu cephalexin, azithromycin, fosfomycin, doxycycline, dan ceftriaxone.

Pereda rasa sakit juga merupakan salah satu obat yang akan diberikan dokter untuk mengurangi rasa nyeri yang biasanya timbul karena infeksi saluran kemih tersebut.

Ada pula pengobatan alami yang bisa digunakan penderita infeksi saluran kemih seperti misalnya buah cranberry. Buah ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun suplemen, dan buah ini baik untuk penderita infeksi saluran kemih. sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan senyawa di buah ini dapat membuat bakteri sulit untuk melekat di dinding kandung kemih. Hal inilah yang membuat turunnya resiko terjadinya penyakit infeksi saluran kemih. Cara konsumsinya cukup mudah, Anda hanya perlu meminum 8 hingga 16 ons jus cranberry tanpa menggunakan gula. Atau Anda juga bisa mengonsumsi 500 mg ekstrak buah cranberry setiap harinya.

Anda juga dapat melakukan penambahan untuk asupan probiotik harian Anda. Probiotik ini adalah suplemen yang mengandung bakteri baik dan juga berguna. Penelitian mengatakan bahwa wanita yang rajin mengonsumsi makanan probiotik akan lebih jarang terkena infeksi saluran kemih, mempunyai kesehatan yang baik dan juga dapat mengurangi bakteri jahat di usus. Anda bisa mencukupi kebutuhan probiotik dari produk susu seperti keju, yogurt, ataupun pil suplemen.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bisa dicegah dengan cara-cara yang sebenarnya sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, ataupun mencegah agar infeksi saluran kemih ini tidak kembali Anda alami:

• Konsumsi banyak air putih untuk membuang bakteri
  • Jangan menunda untuk buang air kecil
  • Bersihkan kelamin dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya, untuk mencegah bakteri masuk ke saluran uretra
  • Lakukan kebiasaan membuang air kecil setelah berhubungan seksual untuk mencegah terjadinya iritasi pada uretra karena bakteri
  • Jangan menggunakan wangi-wangian pada bagian alat kelamin
  • Hindari untuk memakai alat kontrasepsi jenis diafragma ataupun memakai kondom yang berlapis spermisida
  • Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun agar keringat dapat terserap, dan alat kelamin menjadi tidak lembab, sehingga tidak menjadi sarang tumbuhnya bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Itulah obat infeksi saluran kemih yang bisa membantu mengatasi masalah yang Anda alami. Jangan lupa juga untuk menerapkan langkah mencegah infeksi saluran kemih, agar infeksi tersebut tidak kembali datang lagi. Selain itu juga selalu jaga kebersihan area organ kelamin untuk terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih ini.