Bau ketiak merupakan permasalahan yang seringkali menurunkan rasa percaya diri. Cara menghilangkan bau ketiak permanen memang diperlukan bagi mereka yang mengalami permasalahan ini. Hal ini dikarenakan bau ketiak membuat ketidaknyamanan bagi diri sendiri dan juga orang-orang sekitar.

Munculnya bau ketiak bisa disebabkan banyak hal. Penyebab utama bau ketiak adalah keringat yang bercampur dengan bakteri yang menempel pada area tersebut. Bau ketiak juga bisa terjadi bila seseorang mengalami stress ataupun mengonsumsi makanan tertentu.

Agar permasalahan ini dapat teratasi, maka cobalah cara menghilangkan bau ketiak permanen berikut ini.

  1. Mandi Teratur

Bila bau ketiak terjadi karena bakteri yang menempel pada area ketiak, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mandi secara teratur. Anda juga harus mandi menggunakan sabun anti bakteri yang dapat membantu mengendalikan jumlah bakteri di ketiak, sehingga tidak berlebih dan tidak menyebabkan bau. Usahakan untuk mandi sebanyak 2 kali dalam sehari agar bakteri tidak menumpuk.

  1. Mengeringkan Badan Dengan Benar

Bukan hanya mandi yang harus Anda perhatikan, namun juga mengeringkan tubuh setelah mandi juga harus mendapatkan perhatian. Seringkali banyak orang tidak mengeringkan tubuh dengan benar sebelum mengenakan pakaian, sehingga tubuh masih dalam keadaan lembab saat pakaian digunakan. Hindari lah hal ini dengan mengeringkan tubuh sampai benar-benar mengering, terutama pada area ketiak yang berupa lipatan. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan handuk yang digunakan untuk mengeringkan tubuh. Pastikan untuk mencuci handuk Anda minimal 1 kali dalam sebulan. Setelah menggunakan handuk sehabis mandi, jemur handuk dengan benar, dan di bawah sinar matahari.

  1. Mencukur Bulu Ketiak

Bulu ketiak bisa menjadi salah satu tempat berkembangnya kuman dan juga bakteri, dan bila bersatu dengan keringat, maka akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, usahakan untuk mencukur bulu ketiak Anda, sehingga bau ketiak dapat dihilangkan atau minimal diminimalisir kehadirannya.

  1. Memperhatikan Asupan Makanan Dan Minuman

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat seseorang mengalami bau ketiak, misalnya rempah-rempah, daging merah, junk food, dan juga makanan yang rendah kandungan karbohidrat. Selain makanan, adapula minuman seperti produk susu, minuman mengandung alkohol, minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan juga coklat. Untuk mencegah bau ketiak muncul, maka Anda harus menghindari konsumsi makanan dan minuman tersebut. Anda bisa memilih untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.

  1. Menggunakan Deodoran Dan Antiperspirant

Deodoran dan antiperspirant adalah dua produk yang berbeda. Deodoran digunakan untuk menyamarkan bau ketiak yang tidak sedap, sedangkan antiperspirant digunakan untuk mengendalikan keringat yang keluar. Waktu penggunaannya pun berbeda pada tiap produk ini. Anda dapat menggunakan antiperspirant saat malam hari ketika akan tidur. Dan deodoran bisa digunakan ketika di pagi hari Anda akan beraktivitas.

  1. Operasi

Cara ini adalah cara menghilangkan bau ketiak permanen yang terakhir yang bisa Anda lakukan. Bila cara lain dirasa tidak juga menyelesaikan permasalahan Anda, maka Anda bisa melakukan cara satu ini. Dalam prosedur operasi yang akan dilakukan, kelenjar keringat akan dihilangkan sehingga tidak keluar secara berlebihan dan menyebabkan bau ketiak.

Konsultasikan terlebih dahulu cara apa yang tepat dilakukan pada kondisi bau ketiak yang Anda alami. Bila merasakan permasalahan ini sangat mengganggu, Anda bisa memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia yang akan membantu mengatasi bau ketiak yang Anda alami. Sebelumnya, Anda juga bisa berkonsultasi pada staf Klinik Utama Gracia terlebih dulu dengan layanan chatting online.