Mengeluarkan keringat menandakan tubuh Anda dalam keadaan sehat. Namun bagaimana bila yang terjadi adalah keringat berlebihan? Kondisi ini tentu bukan berati baik, malah menandakan adalah masalah pada tubuh. Apalagi bila keringat berlebih terjadi di ketiak, maka akan sangat mengganggu. Lalu bagaimana cara menghilangkan keringat berlebih di ketiak?

Berkeringat sebenarnya merupakan cara untuk menyesuaikan suhu di tubuh dengan lingkungan sekitarnya. Tubuh akan mengeluarkan cairan yang memiliki kandungan garam lewat kelenjar keringat. Namun berbeda dengan keringat berlebih atau hyperhidrosis. Hyperhidrosis sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu focal primer dan secondary general. Namun keringat berlebih yang terjadi pada ketiak termasuk dalam jenis focal primer. Kondisi ini terjadi karena adanya masalah di fungsi sistem saraf.

Keringat berlebih di ketiak bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami bau ketiak yang tidak sedap. Hal ini terjadi karena keringat yang keluar terlalu banyak, sehingga lipatan ketiak menjadi selalu lembab, dan mudah ditumbuhi bakteri, dan akhirnya setiap keringat keluar maka akan bercampur dengan bakteri dan terjadi lah bau yang tidak sedap.

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa cara menghilangkan keringat berlebih di ketiak berikut ini untuk mengatasi permasalahan yang Anda alami.

  1. Menggunakan Antiperspirant

Antiperspirant tidak sama dengan deodoran. Produk antiperspirant digunakan untuk mengatasi permasalahan keringat yang berlebihan. Cara kerja antiperspirant yaitu dengan menyumbat kelenjar keringat sehingga keringat yang keluar tidak berlebihan. Sedangkan deodoran digunakan untuk mengurangi bau yang terjadi. Namun saat ini sudah banyak produk yang memiliki keduanya, yaitu deodoran dan antiperspirant.

  1. Penggunaan Pakaian

Bila Anda mengalami keringat yang berlebih pada ketiak, sebaiknya hindari penggunaan pakaian yang berlapis-lapis ataupun terlalu tebal. Hal ini ditujukan agar kulit terutama ketiak dapat bernapas, dan tidak terlalu lembab. Dengan begitu bakteri tidak akan mudah berkembang biak pada area ketiak. Anda juga harus memilih warna pakaian yang tidak gelap saat siang hari, karena warna-warna gelap cenderung akan menyerap panas dari matahari sehingga Anda akan semakin banyak berkeringat.

  1. Mandi Secara Rutin

Sebenarnya keringat tidak mengeluarkan bau sama sekali, hanya saja setiap orang memiliki aroma khasnya masing-masing. Bau tidak sedap dapat terjadi bila ada bakteri yang menempel pada ketiak. Untuk mengatasi bau tidak sedap karena keringat berlebih, Anda bisa mencoba cara paling mudah yaitu dengan mandi secara teratur. Akan lebih baik bila Anda mandi dengan sabun antibakteri.

  1. Operasi

Bila dibutuhkan, tindakan operasi bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan keringat berlebih pada area ketiak. Cara ini dilakukan agar kelenjar keringat dinonaktifkan dan keringat berlebih menjadi terhenti. Operasi yang dilakukan dengan mengangkat kelenjar keringat melalui penyedotan lemak yang dilakukan dengan menerapkan sayatan kecil pada bagian dalam kulit.

  1. Cara Alami

Anda bisa mencoba cara-cara sederhana sebagai cara menghilangkan keringat berlebih pada ketiak Anda. Cara ini juga bisa dilakukan agar permasalahan bau ketiak yang Anda alami dapat teratasi. Caranya, Anda hanya perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak untuk membuang toksin melalui urine. Bila cairan di tubuh tidak tercukupi, maka toksin akan keluar dengan keringat, dan menyebabkan terjadinya bau yang tidak sedap.

Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Cara ini terbilang mudah dan bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi permasalahan keringat berlebih yang Anda alami.

Bila Anda mengalami permasalahan terkait keringat berlebih yang menyebabkan bau ketiak, Anda bisa memeriksakan kondisi Anda ke dokter Klinik Utama Gracia.