Permasalahan bau keringat pada ketiak yang tidak sedap dapat membuat menurunnya kepercayaan diri seseorang. Bukan hanya itu saja, namun juga dapat mengganggu kenyamanan orang-orang sekitar karena bau yang tidak sedap. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan bau keringat pada ketiak yang tidak sedap?

Walaupun disebut dengan bau keringat, namun sebenarnya bau tidak sedap yang sering mengganggu tersebut bukan sepenuhnya berasal dari keringat. Sebenarnya keringat yang keluar dari tubuh tidak menghasilkan bau yang tidak sedap, hanya memiliki aroma khas, namun bukan bau. Bau tidak sedap ini hadir karena keringat bercampur dengan bakteri yang berada di ketiak.

Bau tidak sedap ini juga bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari stres, emosi, konsumsi makanan ataupun kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari, seperti merokok dan konsumsi alkohol. Untuk itu, cara menghilangkan bau keringat pada ketiak adalah sebagai berikut:

  1. Mandi

Penyebab utama dari bau yang tidak sedap dari ketiak adalah karena bakteri. Bakteri akan sangat mudah berkembang biak bila tubuh dalam keadaan kotor. Untuk mengatasinya, usahakan untuk selalu mandi dua kali sehari, atau minimal sehari sekali. Pada saat mandi, gosok bagian lipatan tubuh, terutama bagian ketiak. Gunakan sabun antibakteri untuk memaksimalkan pembersihan tubuh.

Setelah mandi, selalu pastikan bahwa tubuh dikeringkan dengan benar sebelum memakai pakaian. Hal ini untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri pada bagian tubuh yang masih lembab.  Keringkan tubuh menggunakan handuk yang bersih. Dan jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang bersih. Jangan menggunakan pakaian yang sudah dipakai berkali-kali, karena keringat dan bau bisa menumpuk.

  1. Memakai Deodoran Dan Antiperspirant

Kedua produk ini umumnya menjadi solusi bagi mereka yang memiliki permasalahan dengan bau keringat ketiak yang tidak sedap. Deodoran adalah produk yang akan membantu menghilangkan bau ketiak, sedangkan antiperspirant digunakan untuk mengurangi produksi keringat berlebih. Saat ini sudah banyak produk yang memiliki kandungan keduanya, sehingga permasalahan yang Anda alami bisa teratasi. Walaupun begitu, jangan memakai produk ini secara berlebihan, bagaimanapun juga produk tersebut terbuat dari bahan kimia yang tentunya tidak baik bila digunakan berlebihan atau terlalu sering.

  1. Konsumsi Makanan

Bila penyebab bau tidak sedap adalah karena makanan yang Anda konsumsi, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang dapat menyebabkan keringat menjadi bau, seperti makanan yang pedas, daging, makanan beraroma seperti bawang-bawangan, kafein, dan juga alkohol. Bila ingin permasalahan bau keringat ini teratasi maka kurangi atau hindari makanan dan minuman tersebut, ganti dengan konsumsi makanan sehat yang tentunya tidak menyebabkan bau keringat yang tidak sedap.

  1. Cara Tradisional

Permasalahan bau keringat yang tidak sedap ini bukan hanya ada baru-baru ini saja, sehingga sejak dahulu sudah ada cara menghilangkan bau keringat secara tradisional yang digunakan masyarakat untuk mengatasi permasalahan ini. Cara tradisional dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam, seperti daun sirih, daun kemangi dan juga cengkeh. Ketiga bahan alami ini memiliki kandungan antibakteri yang akan membantu menghilangkan bakteri yang menempel di tubuh. Bahan-bahan ini juga terbilang aman. Namun pengobatan ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, konsultasikan dahulu cara alami ini pada dokter.

Cara menghilangkan bau keringat tidak sedap di atas, bisa Anda coba agar permasalahan Anda dapat teratasi. Anda juga bisa mengonsultasikan permasalahan Anda pada staf kami untuk mengetahui solusi yang tepat dari permasalahan Anda.