Mengalami bau ketiak yang tidak sedap akan menyebabkan ketidaknyamanan dan juga menurunkan rasa percaya diri. Namun sebenarnya apa penyebab bau ketiak tidak sedap tersebut? Agar permasalahan ini bisa teratasi, maka Anda harus tau dahulu penyebab bau ketiak tersebut.

Normalnya, tubuh manusia memang memiliki aroma khas tertentu, namun jika aroma ini sudah sangat menyengat dan cenderung mengganggu, maka bisa dikatakan Anda mengalami bau ketiak atau bau badan. Bau ketiak bukan hanya bisa menyebabkan Anda menjadi tidak percaya diri, namun Anda juga bisa saja dijauhi oleh orang-orang sekitar Anda yang merasa terganggu dengan bau ketiak atau bau badan Anda. Maka dari itu, diharapkan agar tidak menyepelekan permasalahan ini.

Penyebab Bau Ketiak

Umumnya bau ketiak berasal dari munculnya keringat yang berlebihan pada area ketiak. Keringat sendiri berasal dari dua kelenjar keringat di tubuh, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin merupakan kelenjar yang akan mengeluarkan keringat langsung ke permukaan kulit, seperti telapak tangan. Sedangkan kelenjar apokrin mengeluarkan keringat ke bagian tubuh yang ditumbuhi rambut, seperti ketiak.

Keringat juga sebenarnya tidak menimbulkan bau, hanya saja tempat keringat keluar tersebut terpapar bakteri yang menyebabkan keringat bercampur dengan bakteri dan menyebabkan munculnya bau.

Selain itu ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat Anda mengalami bau ketiak, yaitu:

  • Toksin

Toksin atau racun yang menumpuk di dalam tubuh, dan tidak bisa dikeluarkan karena fungsi organ yang bertugas mengeluarkan toksin bermasalah, akhirnya akan menimbulkan bau tidak sedap yang akan keluar dari tubuh. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan detoksifikasi pada bagian hati, ginjal, ataupun usus besar yang menjadi tempat pembuangan racun di dalam tubuh.

  • Penyakit

Bau badan atau bau ketiak bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami bau badan adalah diabetes, liver, dan hipertiroidisme. Terganggunya fungsi organ-organ di tubuh, bisa menyebabkan munculnya bau ketiak atau bau badan.

  • Makanan

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti rempah-rempah, daging merah, kafein, alkohol, junk food, makanan mengandung kolin, makanan berkarbohidrat rendah, bawang-bawangan, dan juga gorengan, ternyata bisa memicu munculnya bau ketiak yang menyengat. Untuk mengatasinya, sebaiknya kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.

  • Obat-Obatan

Beberapa jenis obat, ada yang memberikan efek menjadi mudah berkeringat, seperti obat antipsikotik dan antidepresan. Selain itu menggunakan aspirin dan acetaminophen yang berlebihan juga bisa merangsang produksi keringat berlebih. Untuk mengatasinya, Anda harus menghindari obat-obatan tersebut, atau bila memang harus maka Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu pada dokter.

  • Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti malas mandi atau mengganti pakaian dalam ternyata juga bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan munculnya bau ketiak yang tidak sedap. Kebiasaan-kebiasaan ini akan membuat bakteri lebih mudah berkembang pada tubuh, sehingga keringat yang keluar akan berbau tidak sedap. Untuk itu hindari kebiasaan buruk tersebut, agar Anda juga terhindar dari bau ketiak yang tidak sedap.

Anda juga harus menghindari konsumsi alkohol dan juga merokok, agar tidak memiliki bau ketiak yang tidak sedap. Jika permasalahan ini sangat mengganggu keseharian Anda, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk menemukan penyebab bau ketiak yang Anda alami. Dengan begitu penanganan bisa segera dilakukan.

Selain itu selalu jaga kebersihan tubuh dan juga pakaian, agar Anda tidak mengalami bau ketiak ataupun bau badan. Konsumsi makanan sehat juga bisa menjadi salah satu cara menghindarkan Anda dari bau badan yang tidak sedap.