Keringat yang berlebihan kadang disebut-sebut sebagai penyebab bau ketiak yang tidak sedap. Padahal sebenarnya permasalahan bau ketiak ini muncul karena adanya bakteri di ketiak dan menimbulkan bau. Untuk itu, diperlukan cara menghilangkan bau ketiak yang tepat, agar permasalahan ini bisa segera teratasi, karena bau ketiak yang tidak sedap seringkali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan menjadi minder karena kondisinya tersebut.

Keringat sendiri berasal dari kelenjar di kulit. Kelenjar ekrin adalah kelenjar yang akan mengeluarkan keringat pada bagian ketiak. Keringat yang keluar memiliki komposisi air dan garam ketika suhu tubuh sedang meningkat. Keringat ini berguna untuk mencegah suhu tubuh menjadi panas yang berlebihan. Kemudian, ketika keringat keluar, dan bercampur dengan bakteri yang berada pada ketiak, akhirnya membuat keringat berubah menjadi asam, dan menyebabkan bau ketiak.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan bau ketiak di bawah ini agar Anda tidak lagi kehilangan rasa percaya diri Anda.

  1. Mandi Secara Teratur

Cara menghilangkan bau ketiak yang termudah adalah dengan mandi secara teratur. Bakteri yang menyebabkan bau ketiak akan hilang ketika Anda mandi secara teratur. Pastikan Anda membersihkan daerah yang banyak berkeringat ketika mandi. Selain itu Anda bisa mandi dengan menggunakan sabun antibakteri. Hal ini berguna untuk menghilangkan bakteri yang akan membuat Anda memiliki bau ketiak yang tidak sedap.

Setelah mandi, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh Anda sampai benar-benar kering. Tubuh yang masih lembab, dan belum benar-benar kering, akan mempermudah bakteri untuk berkembang biak pada area tersebut.

  1. Menggunakan Deodoran Atau Antiperspiran

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara menggunakan deodoran dan juga antiperspiran untuk menghilangkan bau ketiak. Deodoran memang tidak akan mencegah keringat untuk keluar, namun kandungan wewangian di dalamnya dapat menghalangi bau yang mungkin akan muncul. Sedangkan penggunaan antiperspiran sendiri ditujukan untuk mengurangi keringat yang akan keluar dari tubuh, dan sangat bermanfaat bagi mereka yang memang mengalami keringat yang berlebihan.

  1. Perhatikan Konsumsi Makanan

Bau ketiak yang tidak sedap juga bisa terjadi karena konsumsi makanan sehari-hari. Ada beberapa jenis makanan yang memang bisa memicu terjadinya bau yang tidak sedap, misalnya seperti makanan pedas, bawang merah dan putih dan juga minuman berkafein dan mengandung alkohol. Untuk menghindari terjadinya bau ketiak yang tidak sedap, maka Anda disarankan untuk menghindari dan juga memperhatikan konsumsi makanan Anda setiap harinya.

  1. Menggunakan Pakaian Bersih

Untuk menghindari bau yang tidak sedap dari ketiak, maka Anda disarankan untuk selalu menggunakan pakaian yang bersih. Jangan lupa untuk mengganti pakaian Anda secara rutin, dan jangan gunakan pakaian yang sama berkali-kali. Hal ini dilakukan agar tidak ada bakteri yang akhirnya menyebabkan bau ketiak yang tidak sedap.

  1. Operasi

Jika langkah-langkah di atas juga tidak membantu Anda dalam mengatasi permasalahan bau ketiak Anda, maka perlu dilakukan langkah medis yaitu operasi untuk mengatasinya. Prosedur operasi yang bisa dilakukan adalah operasi pengangkatan kelenjar keringat pada area ketiak melalui teknik sedot lemak. Operasi seperti endoscopic thoracic sympathectomy (ETS) atau yang biasa disebut dengan endoskopi simpatektomi dada, juga bisa dilakukan untuk menghilangkan saraf yang mengendalikan keringat.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang mungkin sering menjadi permasalahan banyak orang. Lakukan langkah-langkah di atas untuk pertolongan pertama ketika Anda mengalami permasalahan tersebut. Namun jika memang masalah tersebut tidak juga teratasi, segera konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang tepat, seperti misalnya dengan melakukan prosedur operasi di atas.