Impotensi atau yang biasa disebut disfungsi ereksi merupakan gangguan seksual yang sering dialami oleh pria. Impotensi atau impoten menyebabkan kondisi penis yang tidak bisa mulai ereksi ataupun tidak bisa mempertahankan ereksi. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab impoten. Penyebab impoten umumnya melibatkan masalah yang berhubungan dengan kerja otak, hormon, emosi, syaraf, otot, dan juga pembuluh darah. Beberapa hal yang dapat memperburuk kondisi impotensi diantara stress dan juga penyakit yang dialami oleh seseorang.

Impotensi yang dialami seorang pria, akan menimbulkan pengaruh negatif pada kehidupan seks seseorang, bahkan bisa menyebabkan diri menjadi stres, depresi dan tidak percaya diri. Jadi apakah sebenarnya penyebab impoten?

  1. Gangguan Emosi

Tekanan berat, banyak pikiran, dan juga gangguan emosi umumnya bisa menjadi penyebab dari kondisi ini. Banyak pria yang merasa tertekan dengan permasalahan yang sedang dialami, misalnya permasalahan pekerjaan, keluarga, atau yang lainnya. Kondisi tersebut bisa menyebabkan seorang pria sulit untuk berkonsentrasi untuk ereksi, sehingga terjadilah kondisi impotensi ini.

  1. Gangguan Fisik

Kondisi fisik juga bisa menyebabkan impotensi pada pria. Hal ini bisa saja dipicu oleh berbagai hal misalnya melakukan pekerjaan berat dan membuat tubuh menjadi sangat lelah, atau yang lainnya. Dengan kondisi gangguan fisik ini, pria kemungkinan akan stres dan sulit untuk ereksi.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak baik juga bisa menjadi penyebab impoten, seperti misalnya kebiasaan merokok dan juga konsumsi alkohol. Dalam jangka panjang, kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan pria sulit untuk ereksi ataupun mempertahankan ereksi.

  1. Konsumsi Obat-Obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang juga bisa membuat pria mengalami impotensi. Hal ini dikarenakan pengaruh zat kimia dalam obat yang masuk ke tubuh dan akan mempengaruhi aliran darah di tubuh. Salah satu jenis obat yang bisa menimbulkan kondisi seperti ini adalah obat stimulan atau obat hormon yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan pria mengalami impotensi.

  1. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa membuat pria mengalami impotensi karena tubuh akan mengalami gangguan pada sistem metabolisme dan akhirnya mempengaruhi produksi hormon reproduksi. Selain itu, orang yang memiliki kelebihan berat badan umumnya tidak memiliki sirkulasi darah yang baik akhirnya membuat terjadinya kesulitan untuk ereksi.

  1. Gangguan Endokrin

Kelenjar endokrin berfungsi untuk menghasilkan hormon untuk mengatur produksi hormon seksual, hasrat bercinta, metabolisme, sistem reproduksi dan juga kondisi tubuh lainnya. Penyakit yang disebabkan oleh gangguan endokrin yang bisa membuat kondisi impoten adalah:

  • Tubuh tidak bisa menghasilkan insulin oleh kelenjar dalam pankreas. Insulin tersebut dibutuhkan tubuh untuk merubah gula di tubuh menjadi energi. Diabetes juga bisa menyebabkan seorang pria mengalami impoten.
  • Kerusakan syaraf. Dalam kondisi yang lebih parah, gangguan produksi insulin akan membuat terjadinya kerusakan syaraf, terutama syaraf yang bekerja untuk penis. kerusakan syaraf juga bisa berpengaruh pada produksi hormon dan juga aliran darah di penis.
  1. Penyakit Lain

Penyakit lain yang bisa menyebabkan impoten yaitu adanya gangguan syaraf dan juga penyakit jantung. Gangguan syaraf akan membuat lemahnya sistem syaraf dan menyebabkan impotensi. Pada pria yang mengalami sakit jantung juga umumnya akan mengalami impotensi. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju penis tidak bekerja dengan baik karena adanya gangguan pada jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, kolesterol dan juga tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan impoten.

Itulah beberapa penyebab impotensi yang mungkin Anda alami. Untuk berkonsultasi, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi gratis dengan dokter Klinik Utama Gracia di bawah ini.