Ejakulasi dini merupakan kondisi pria yang mengalami klimaks atau mengeluarkan sperma yang terlalu cepat saat berhubungan seksual. Pria juga bisa dikatakan mengalami ejakulasi dini jika memiliki kondisi ejakulasi yang terjadi sebelum ataupun beberapa saat setelah melakukan penetrasi seksual. Lalu apa penyebab ejakulasi dini?

Setiap pria pasti pernah mengalami kondisi ejakulasi dini ini. Namun jika ejakulasi dini sangat sering terjadi, maka Anda memerlukan pemeriksaan dari dokter terkait dengan kondisi tersebut. Ejakulasi dini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu ejakulasi dini primer, dan sekunder. Ejakulasi dini primer adalah dimana ejakulasi dini yang selalu terjadi sejak pria pertama kali berhubungan seksual ataupun setiap kali melakukan hubungan seksual. Sedangkan ejakulasi dini sekunder adalah ejakulasi dini yang terjadi dimana sebelumnya pria tersebut memiliki riwayat kondisi ejakulasi yang normal.

Penyebab Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini yang dialami seorang pria bisa saja membawa masalah pada hubungan Anda yang dengan pasangan. Berikut ini adalah beberapa penyebab ejakulasi dini yang dialami oleh pria, yaitu:

  1. Produksi Serotonin Berkurang

Serotonin adalah sebuah zat yang dihasilkan otak dan berguna untuk mengatur proses ejakulasi yang dialami pria. Serotonin ini akan disalurkan melalui neurotransmitter di otak dengan tujuan menghambat ejakulasi. Jika serotonin yang diproduksi sedikit, maka pria akan cenderung mengalami ejakulasi yang cepat atau ejakulasi dini.

Agar serotonin yang diproduksi tidak menurun, maka pria disarankan untuk melakukan pola hidup sehat, jauhi kebiasaan buruk seperti merokok atau konsumsi alkohol, dan konsumsilah makanan yang bisa menambah vitalitas Anda.

  1. Masturbasi

Kebiasaan melakukan masturbasi biasanya dilakukan untuk mencapai kenikmatan dengan cepat. Namun ternyata kebiasaan tersebut bisa membuat pria mengalami ejakulasi dini. Kebiasaan masturbasi yang tidak tepat misalnya tergesa-gesa, akan membuat sistem syaraf merespon cepat jika terjadi rangsangan seksual. Hal ini akan berakibat pada hubungan seksual yang Anda lakukan dengan pasangan, dikarenakan organ vital sudah terbiasa dengan kondisi tersebut.

Untuk itu hindari lah kebiasaan buruk tersebut, kemudian disarankan juga untuk berolahraga dengan teratur, dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

  1. Stress

Stress akan membuat banyak masalah pada tubuh, salah satunya adalah mengalami ejakulasi dini. Ketika mengalami stres, umumnya seseorang akan merasakan sulit fokus, dan berpengaruh juga pada ketidakfokusan ketika melakukan hubungan seksual.

  1. Penyakit Fisik

Penyebab ejakulasi dini juga bisa dikarenakan adanya penyakit pada fisik seorang pria, misalnya seperti infeksi prostat. Ataupun bisa juga karena pernah mengalami cedera atau kecelakaan yang mengakibatkan terganggunya sistem syaraf.

  1. Rasa Cemas

Ketika seseorang yang belum berpengalaman melakukan hubungan seksual, biasanya akan muncul perasaan cemas, takut, atau sebagainya. Pria cenderung akan cemas dan takut jika dia tidak bisa memuaskan pasangannya, sehingga terjadilah ejakulasi dini.

  1. Gangguan Hormon

Ejakulasi dini bisa terjadi jika hormon dopamin di dalam otak berkurang. Hal ini akan membuat fungsi hipofisis-testis dan fungsi tiroid melemah. Akibatnya, pria akan mengalami defisiensi testosteron, hilang kejantanan, ukuran penis mengecil dan juga hilang rasa percaya diri. Untuk memperpanjang durasi ejakulasi, tubuh akan membutuhkan banyak hormon.

  1. Gangguan Pada Sistem Syaraf

Ada faktor fisik lain yang bisa menjadi penyebab ejakulasi dini, yaitu terjadinya gangguan pada sistem syaraf di area genital pria. Sistem syaraf kelamin akan berhubungan dengan kepekaan untuk menanggapi rangsangan. Ketika alat kelamin lebih responsif terhadap stimulasi seksual, akan membuat pria lebih cepat berejakulasi.