Apa itu ejakulasi dini? Ejakulasi dini menjadi salah satu permasalahan hubungan intim yang dialami oleh pria. Ejakulasi dini berbeda dengan impotensi. Dengan terjadinya permasalahan ejakulasi dini ini membuat kegiatan seksual menjadi terasa kurang menyenangkan untuk Anda dan juga pasangan. Pria yang mengalami ejakulasi dini bahkan sampai merasa malu dan juga stres. Ejakulasi dini juga bisa menimbulkan ketidakharmonisan dalam hubungan rumah tangga dengan pasangan. Namun sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi, karena ejakulasi dini bisa diatasi. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui apa itu ejakulasi dini dan penyebabnya.

Apa Itu Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini merupakan kondisi dimana pria mengalami orgasme dengan waktu yang singkat ketika berhubungan seksual. Jadi pria yang mengalaminya tidak bisa menahan ejakulasi selama melakukan hubungan intim.

Sebenarnya permasalahan ini bisa terjadi pada setiap pria, dan bukan suatu masalah besar, kecuali jika ejakulasi dini terjadi terus menerus dan akhirnya mengganggu keharmonisan hubungan dengan pasangan. Survey mengatakan bahwa ada sekitar 40% pria usia produktif yang mengalami ejakulasi dini.

Penyebab Ejakulasi Dini

Penyebab dari gangguan ini sebenarnya belum jelas, namun banyak teori mengatakan bahwa gangguan ini terjadi karena kebiasaan melakukan masturbasi yang terlalu cepat ketika masa remaja. Namun teori tersebut belum bisa menjelaskan dengan pasti. Ada beberapa penyebab yang mungkin bisa menjadi pemicu terjadinya ejakulasi dini.

  • Penis terlalu sensitif. Beberapa pria memiliki penis yang terlalu sensitif dengan rangsangan seksual. Sehingga rangsangan seksual sedikit saja bisa memicu terjadinya ejakulasi.
  • Otot penahan ejakulasi lemah. Jika seorang pria jarang bergerak ataupun kurang sehat, biasanya otot-otot yang berfungsi menahan keluarnya sperma pada area kemaluan menjadi melemah. Hal ini menyebabkan sulitnya menahan keluarnya sperma ketika berhubungan seksual.
  • Kebiasaan onani. Penelitian menyatakan bahwa 70% pria yang sering onani ketika remaja, saat menikah mereka baru menyadari bahwa dirinya menderita ejakulasi dini.
  • Mengalami stres bisa menjadi salah satu penyebab gangguan hubungan seksual ini. Karena kondisi psikis juga bisa memengaruhi kemampuan pria dalam melakukan seks.
  • Tubuh yang kelelahan juga bisa menyebabkan ejakulasi dini.
  • Kecemasan seksual. Cemas dan khawatir tidak bisa memuaskan pasangan juga bisa menyebabkan dan juga memperparah ejakulasi dini.
  • Ada beberapa penyakit yang menyerang organ intim pria dan membuat lemahnya organ reproduksi, seperti misalnya prostat dan ginjal.

Mengatasi Ejakulasi Dini

  • Latihan otot seksual. Untuk mengatasi ejakulasi dini Anda bisa melakukan latihan pada otot seksual Anda. Otot yang akan dilatih adalah otot PC yang berada di dasar panggul untuk melaksanakan fungsi ejakulasi secara benar.
  • Ramuan herbal. Saat ini sudah banyak yang menyediakan penunda ejakulasi ataupun pil anti ejakulasi dini. Pilihlah yang ramuan herbal agar lebih aman untuk Anda gunakan, karena biasanya tidak menimbulkan efek samping tertentu.

Tak perlu cemas jika Anda mengalami ejakulasi dini. Apabila Anda merasakan bahwa Anda mengalami gangguan tersebut, tak usah malu untuk berkonsultasi dengan dokter yang tepat. Hal ini diperlukan agar Anda mendapatkan penanganan segera, dan masalah tersebut bisa diatasi agar keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan bisa kembali membaik.

Dokter di Klinik Utama Gracia juga selalu siap sedia untuk membantu permasalahan ejakulasi dini yang Anda alami. Anda akan ditangani oleh dokter yang sesuai dan juga berpengalaman agar permasalahan Anda bisa cepat teratasi. Ada juga bisa melakukan konsultasi online di website kami. Semoga artikel mengenai apa itu ejakulasi dini ini bermanfaat untuk Anda.