Masalah ketika ketidakmampuan memiliki keturunan biasanya lebih banyak dibebankan pada pihak wanita. Padahal masalah tersebut 20-30% bisa disebabkan karena pihak pria. Untuk itu pihak pria juga harus selalu menjaga kesuburan dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat terjaganya kesehatan reproduksi pria. Berikut ini adalah info kesehatan pria yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi pria.

Jauhi Konsumsi Alkohol dan Merokok

Sperma yang normal dengan jumlah banyak adalah salah satu kunci kesuburan yang tinggi. Namun dengan seringnya Anda mengonsumsi alkohol ataupun merokok, bisa membuat kesehatan reproduksi pria Anda menurun yang juga akan berisiko menurunkan kualitas bahkan merusak sperma Anda.

Jaga Berat Badan

Mengalami obesitas, maka peluang kesuburan dan memiliki keturunan bisa menurun. Untuk itu, Anda harus mengetahui info kesehatan pria dan pastikan apakah berat badan Anda sudah termasuk dalam batas normal atau tidak.

Menjaga Testis Agar Tetap Pada Suhu Sejuk

Suhu sari testis pria juga bisa menentukan jumlah sperma yang dihasilkan. Testikel harus berada pada suhu sekitar 34,5 derajat celcius. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara menurunkan suhu testikel, yaitu dengan membatasi mandi menggunakan air hangat, jangan duduk terlalu lama, dan menggunakan pakaian dalam yang longgar.

Olahraga Dan Pola Makan

Kesehatan reproduksi pria juga bisa didapatkan dari kebiasaan sehat seperti berolahraga dan juga konsumsi makanan yang sehat. Namun jangan melakukan olahraga secara berlebihan, karena tubuh bisa mengeluarkan banyak hormon steroid yang malah akan mempengaruhi tingkat kesuburan. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, karbohidrat, protein dan juga daging yang rendah lemak.

Ereksi Teratur

Penis dikatakan sehat jika mengalami ereksi yang teratur. Ketika ereksi, oksigen di dalam darah akan memenuhi penis dan membuat penis tegang. Penelitian mengatakan bahwa jika pria tidak mengalami ereksi yang teratur maka penis akan beresiko menjadi tidak elastis bahkan menyusut hingga 1-2 cm.

Sunat

Info kesehatan pria selanjutnya adalah dengan melakukan sunat untuk menjaga kesehatan reproduksi pria. Hal ini dikarenakan pada penis bisa menjadi sarang bakteri. Dan dengan melakukan sunat, maka pria akan mendapatkan banyak manfaat seperti bakteri akan lebih sedikit, lebih rendah terkena resiko HIV, tidak berisiko menularkan penyakit menular seksual pada pasangan, dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker penis ataupun infeksi saluran kencing.

Menjaga Kebersihan Penis

Kebersihan penis dapat terjaga jika Anda melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Cuci penis dengan air hangat ketika mandi. Kemudian keringkan dengan tisu atau handuk bersih, setelah mandi ataupun setelah buang air kecil.
  • Hindari penggunaan sabun berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit penis.
  • Jangan menggunakan bedak atau deodoran.
  • Untuk membersihkan penis dari smegma bisa dilakukan dengan menggosok lembut kepala penis. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penumpukan smegma yang bisa memicu banyak bakteri berkembang yang bisa menyebabkan infeksi.
  • Jika penis memiliki lipatan, Anda bisa membersihkannya dengan menarik lembut kulit atas penis. Hal ini hanya dilakukan untuk pria dewasa, bagi anak-anak tidak memerlukannya.
  • Bersihkan juga skrotum atau kantong pelir untuk menghindari munculnya bau tidak sedap karena keringat yang menumpuk di rambut kemaluan.
  • Lakukan pemeriksaan pada penis dan skrotum dengan merabanya. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan mendeteksi apakah adanya perubahan ataupun munculnya benjolan pada bagian tersebut. Jika terdapat perubahan ataupun benjolan, segera periksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa info kesehatan pria untuk menjaga kesehatan reproduksi pria.