Bakteri bening prostat hyperplasia atau infeksi pembesaran prostat terjadi disebabkan kondisi dimana kelenjar pada pria membesar, namun bukan kanker, lalu apa itu prostat dan penyebabnya?. Kelenjar tersebut terletak diantara kandung kemih, dimana urin tersimpan di dalam sana serta uretra saluran dilewati urin.

Seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat pada pria akan membentuk sebuah tonjolan. Ketika kelenjar prostat semakin membesar, hal tersebut dapat menekan uretra dan menyebabkan dinding kandung kemih menjadi tebal dan melamah, sehingga penderita akan kehilangan kemampuan untuk mengeluarkan urin. Akibatnya Anda akan memperoleh gejala inkotinensia, kondisi dimana Anda kehilangan kendali terhadap kandung kemih.

Pembesara yang terjadi pada prostat dan penyebabnya merupakan penyakit yang umumnya menyerang kalangan pria di usia 50 tahun keatas, namun tak menutup kemunkinan apabila pria lebih mudah mengembangkan kondisi tersebut. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit dengan cara mengurangi faktor serta risiko yang ada.

Baca juga: Fakor Dan Risiko Terjadinya Prostat Bengkak

Cara Mengatasi Prostat Dan Penyebabnya Dengan Aman Dan Tepat

1.Melakukan senam aerobik

Menjadi kalangan yang aktif menjadi cara ampuh mengobati pembesaran prostat sekaligus dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Jika tidak aktif Anda akan kelebihan berat badan, dan hal ini yang menjadi pemicu pembesaran pada prostat.

Menjalankan olahraga aerobic dan latihan ketahanan akan membantu mengurangi masalah buang air kecil yang disebabkan oleh pembesaran pada prostat dan penyebabnya, bahkan Anda akan terhindar dari masalah tersebut.

2.Cuka Apel

Cuka apal menjadi obat pembesaran prostat alami, karena mempunyai kemampuan yang kuat untuk menyusutkan bengkaknya prostat. Cukap apel pun dapat membantu menurunkan berat badan serta mencegah komplikasi lainnya seperti saluran kemih.

3.Biji Labu

Biji labu dipercaya dapat membantu mengobati pembesaran prostat serta mengecilkan ukurannya. Biji tersebut mempunyai kemampuan yang dapat melancarkan aliran urin. Labu kaya akan kandungan zink, pria yang menderita penyakit ini biasanya kekurangan zink. Selain itu obat pembesaran prostat mengandung asam lemak yang mendukung fungsi prostat itu sendiri.

4.Tomat

Tomat menjadi pilihan obat pembesaran prostat secara alami, karena mengandung banyak likopen yang dapat membantu mengurangi gejala BPH. Likopen dapat menurunkan kadar PSA yang berkaitan dengan peradangan prostat. Tomat akan membantu mengurangi tekanan kandung kemih sehingga akan membantu memperkecil ukuran prostat.

Apabila Anda salah satu penderita pembesaran prostat, segera konsultasikan kepada dokter sebelum konsumsi obat pembesaran prostat dan penyebabnya tersebut. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

Apa penyebab dan risko pembesaran pada prostat?

•Pada umumnya kalangan yang mengalami gejala sedang sampai berat berusia kurang lebih 60 tahun.

•Kalangan yang mempunyai anggota keluarga dengan permasalahan pada prostat berkemungkinan besar mengalami penyakit tersebut.

•Beberapa sumber mengatakan bahwa penyakit jantung, diabetes, penggunaan obat-obat khusus bisa meningkatkan risiko penyakit menyebar lebih luas.

•Obestas dapat meningkatkan risiko pembesaran pada prostat, sedangkan olahraga bisa mengurangi tanda dan gejala risiko bakteri menyerang.

Apa pengobatan yang bisa dijalankan untuk mengatasi pembesaran pada prostat?

•Anda harus batasi asupan cairan di malam hari, jangan minum apapun selama beberapa jam sebelum tidur untuk menghindari sering buang air kecil pada malam hari.

•Penderita pun harus membatasi konsumsi alkohol dan kafein, hal tersebut akan meningkatkan produksi urin, memperburuk tanda dan gejala serta menimbulkan iritasi kandung kemih.

•Penderita harus membatasi penggunaan beberapa jenis obat. Sebab dapat mengencangkan otot yang ada di sekitar uretra.

Untuk mengetahui informasi dan penanganan lebih lanjut bagi Anda penderita prostat dapat segera mengunjungi dokter berpengalaman di Klinik Utama Gracia untuk memperoleh perawatan yang tepat bersama kami. Segera lakukan reservasi di 085714263063 dengan mudah. Demikian mengenai prostat dan penyebabnya, semoga bermanfaat.