Radang pada testis atau biasa disebut dengan ciri orkitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian testikel. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa virus dan bakteri. Penyakit ini bisa menyerang salah satu atau kedua testis.

•Kebanyakan penyakit ini terjadi pada anak-anak yang diakibatkan oleh virus bernama mumps atau gondongan

•Pada umumnya kasus orkitis mumps terjadi pada fase pubertas pada pria, sedangkan kasus orkitis bakterial dapat terjadi pada kalangan yang aktif berhubungan seksual atau kalangan pria lebih tua seperti 50 tahun keatas.

•Orkitis hadir karena disebabkan oleh adanya infeksi atau bakteri yang berkembang pada epididymitis yang semakin parah. Epididimitis merupakan infeksi saluran yang membawa sperma kaluar dari testis. Terjadinya infeksi epididymis serta testis biasa disebut dengan epididimo-orchitis.

Apabila seseorang sudah terdiagnosa mengalami ciri orkitis maka penderita harus segera menjalankan penanganan dengan cara konsultasi ke dokter atau melakukan pengobatan secara bertahap agar kondisi tidak semakin buruk. Untuk mengetahui adanya perkembangan pada komplikasi pada pasien apabila memperoleh kondisi yang semakin parah, penderita diharuskan memperoleh rujukan dan berkonsultasi dengan klinik serta dokter professional.

Baca juga: Proses Peradangan Serta Bahaya Orkitis

Komplikasi Dari Penyakit Orkitis

Pada umumnya orkitis tidak akan menyebabkan penyakit yang signifikan dari kondisi tersebut, sebaliknya mereka akan segera pulih dengan pengobatan yang dilakukan dengan proses tepat. Dalam permasalahan ini biasanya akan mempengaruhi pada kesuburan pria dan menyebabkan beberapa hal seperti peradangan epididymis kornis, menyusutnya bagian testis, atau kemandulan. Terdapat beberapa hal yang bisa mengurangi tingkat kesuburan, namun proses tersebut sangat jarang terjadi.

Pencegahan Dari Timbulnya Ciri Orkitis

Apabila seseorang menderita kelainan bawaan pada saluran kemih, maka ciri orkitis kemungkinan tidak mudah dicegah, namun bentuk bakteri dan virus tersebut bisa dihilangkan apabila penderita melakukan hubungan seksual yang aman dan sehat. Sebab, memang sangat penting untuk menggunakan pengaman selama berhubungan seksual. Proses dan langkah yang bisa Anda tempuh untuk mengurangi risiko orkitis diantaranya:

Anda dapat menjalankan pencegahan atau imunisasi mumps penyakit orkitis. Hinderi berhubungan seksual dalam risiko tinggi dengan pasangan, sebab dapat menularkan penyakit seksual tersebut. Agar tidak memberi dampak buruk, Anda bisa kenakan kondom untuk mengurangi tertularnya pms tersebut. Pria dengan umur kurang lebih 50 tahun harus melakukan proses pemeriksaan kelenjar pada prostat secara rutin setiap tahunnya.

Terdapat beberapa tips mengurangi rasa tidak nyaman karena ciri orkitis diantarantya sebagai berikut:

•Istirahat dan tidur secara total di tempat tidur

•Berbaring dengan posisi skrotum ditinggikan, proses tersebut dapat meng gejala orkitis.

•Kompres es pada area skrotum

•Langkah yang paling tepat untuk melakukan penanganan orkitis yakni berkonsultasi kepada dokter bepengalaman, untuk memperoleh diagnosa dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi.

Kapan Harus Melakukan Perawatan Medis Untuk Orkitis

Penderita yang mengalami nyeri pada bagian testis, timbulnya kemerahan atau bengkak harus segera memperoleh perawatan medis. Jangan menunda menjalankan perawatan, seperti kasus testis, penyakit ini pun ditandai dengan nyeri pada testis. Jadi apabila Anda mengalami beberapa tanda dan gejala diatas dapat melakukan konsultasi segera bersama kami di Klinik Utama Gracia untuk memperoleh penanganan yang tepat. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di 081336361555, sekian mengenai ciri orkitis, semoga berikan banyak manfaat.