Bahaya orkitis merupakan peradangan pada satu atau kedua testis, jadi pada umumnya peradangan tersebut masih berhubungan dengan virus yang menyebabkan gondok. Pada umumnya kalangan pria akan mengalami gondok setelah melawati masa pubertas. Penyebab lain timbulnya penyakit orkitis yakni karena penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore.

Orkitis biasa disebut dengan testis dan terasa sakit pada area selangkangan. Namun selangkangan yang terasa nyeri, timbul pada lipatan paha serta perut bukan pada testis. Sedangkan penyebab nyeri pada selangkangan berbeda dari penyebab nyeri testis tersebut.

Bakteri yang ada pada bahaya orkitis terjadi disebabkan epididymitis, yakni sebuah peradangan pada bagian belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Timbulnhya bengkak, terasa nyeri, menjadi tanda paling umum yang diperoleh penderita orkitis.

Baca juga: Mengenal Sejak Dini Dampak Orkitis

Gejala Yang Terjadi Pada Orkitis

•Terdapat pembengkakan pada bagian skrotum

•Testis yang terserang terasa berat, membengkak dan lunak

•Sakit atau terasa nyeri ketika berkemih

•Sakit ketika berhubungan seksual atau ejakulasi

•Terasa nyeri pada selangkangan

•Sakit pada testis biasanya terjadi ketika buang air besar

•Seman yang keluar mengandung darah

•Selangkangan akan membengkak pada sisi testis yang meradang

•Timbul demam

•Penis mengeluarkan nanah

Proses Peradangan Pada Penyakit Orkitis

Proses peradangan yang terjadi kepada penderita orkitis akan berkembang dengan pesat, penyakit tersebut dapat merusak buah zakar. Sebaimana kami sebutkan diatas, bahaya orkitis bisa terjadi dalam beberapa bentuk. Fase akut akan muncul dengan bentuk tajam dan akan timbulkan nyeri. Akibatnya kalangan yang sakit akan kehilangan kemampuan untuk bergerak secara mandiri. Terkadang penderita yang terserang penyakit tersebut harus memperoleh penanganan rawat inap. Jika sudah kronis, walaupun gangguan menyerang fungsi testis, namun gejala terkadang tidak begitu jelas, dan fungsi seksual tidak akan terganggu.

Konsekuensi Tidak Menjalankan Pengobatan

Bentuk bahaya orkitis akut dapat terjadi kepada seluruh kalangan pria dengan berbagai jenis usia disertai dengan gejala yang terjadi, terkadang selama 2 minggu apabila tidak dilakukan perawatan. Tetapi gejala dapat segera hilang dan orkitis menjadi lebih kronis serta semakin sulit disembuhkan. Penundaan pada pendekatan perawatan yang tidak kompeten bisa sebabkan sejumlah dampak buruk.

•Akan terjadi beberapa komplikasi disertai keluarkan nanah pada area testis

•Terjadi tetes reaktif yakni kumpulan cairan yang ada dalam selaput testis

•Libido penderita akan menurun

•Menyebabkan penderita kesulitan ereksi

•Terdapat kemungkinan timbul karena efek pengobatan

•Penderita akan mengalami penipisan parenakim yang akan menghasilkan hormone seksual

•Terjadinya infertilitas akibat berhentinya produksi sperma

•Terjadi penyakit testis berulang

Sistitis yang sudah akut tetap bisa diobati, untuk mencegah kemungkinan tumbulnya penyakit lain, penting menjalankan tindakan secara tepat. Ketika penyakit ini sembuh, maka fungsi seksual akan berjalan dengan baik. Untuk menghindari proses testis berulang, terdapat beberapa periode pemulihan yang perlu Anda lakukan seperti diet atau tidak melakukan kegiatan fisik yang berat.

Pengobatan Bahaya Orkitis Akut Dengan Antibiotik

Perawatan bisa dilakukan kepada pasien dengan cara melakukan rawat jalan, sebelum mulai melakukan pengobatan, infeksi akan ditentukan, dan menjadi penyebab penyakit lainnya. Maka Anda harus menghabiskan beberapa minggu untuk melakukan terapi antibotik. Untuk meningkatkan efek obat antobiotik tersebut, kami sarankan Anda melakukan analisa virus atau bakteri terhadap bahan aktif dari obat-obatan tersebut.

Bagi Anda yang merasakan tanda dan gejala dari penyakit orkitis bisa segera melakukan proses pengobatan bersama kami di Klinik Utama Gracia dan memperoleh penanganan yang tepat bersama dokter berpengalaman. Jadi segera lakukan reservasi dengan mudah di nomer 081336361555, sekian kami sampaikan mengenai bahaya orkitis, semoga bermanfaat.