Prostat bengkak atau benign prostatic hyperplasia merupakan kondisi ketika kelenjar prostat mengalami pembengkakan, namun tenang saja penyakit ini tidak bersifat kanker. Prostat merupakan sebuah kelenjar berukuran kecil dan terletak di bagian rongga pinggul antara kandung kemih atau penis. Kelenjar tersebut akan menghasilkan cairan yang berfungsi menyuburkan atau melindungi sel sperma.

Ketika seorang pria mengalami ejakulasi, prostat bengkak akan berkontraski sehingga cairan akan segera keluar bersama dengan sperma, sehingga akan menghasilkan cairan seperti semen. Kelenjar prostat bengkak hanya ada pada seorang pria, maka tentunya seluruh penderita penyakit tersebut yakni berjenis kelamin pria.

Pada umumnya seorang pria yang mengalami infeksi tersebut berusia 50 tahun. Banyak sekali penderita yang berpikir bahwa proses bengkak mempunyai risiko yang tinggi untuk menderita kanker. Ternyata asumsi seperti ini tidak benar, karena sampai sekarang tidak ditemukan hubungan antara proses dan peningkatan pada risiko kanker prostat.

Baca disini: Apa Penyabab Dari Prostat Membesar

Faktor-Faktor Risiko Prostat Bengkak

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko pria mengalami prostat bengkak diantaranya:

•Anak-anak usia 1 sampai 3 termasuk kedalam golongan sedang, sedangkan pria berusia 50 tahun keatas masuk dalam kategori akut

•Terdapat riwayat kaluarga, kalangan yang mempunyai anggota keluarga dengan masalah prostat bengkak kemungkinan besar akan mengalami penyakit yang sama.

•Penderita jantung dan diabetes mempunyai risiko besar terjangkit prostat bengkak.

•Gaya hidup akan berpengaruh tinggi, obesitas dapat meningkatkan risiko proses bengkak, sedangkan olahraga akan mengurangi risiko penyakit tersebut.

Obat Dan Pengobatan Yang Tepat Bagi Penderita

Pengobatan memang diperlukan kecuali pembesaran prostat menyebabkan gejala terutama mengganggu atau adanya komplikasi seperti pada saluran kemih, terdapat darah dalam kemih, timbulnya kerikil dalam kandung kemih, dan gangguan ginjal. Terdapat beberapa pilihan pengobatan untuk pembesaran prostat jinak diantaranya:

Obat harus dikonsumsi untuk membantu meringankan gejala serta dapat menghalangi efek hormone kelamin yang bisa mempengaruhi potensi tumbuhnya prostat bengkak, sehingga infeksi akan segera menyusut. Pasien dengan gejala yang berat bisa diobati dengan beberapa kombinasi obat. Apabila menkonsumsi obat tidak memberi dampak yang baik, operasi bisa dijadikan proses penanganan selanjutnya.

Bedah akan mengurangi gejala secara efektif namun bisa meningkatkan komplikasi setelah operasi. Operasi umum yakni laparoskopi melalui uretra, dimana seorang dokter akan menggunakan endoskopi ringan pada bagian uretra. Proses tersebut merupakan pembedahan yang digunakan untuk mengangkat bagian dari prostat.

Proses Tes Yang Dilakukan Pada Penderita Prostat Bengkak

Tidak jauh berbeda dengan diagnosa penyakit lain, dokter akan cek kondisi kesehatan pasien dan melakukan serangkaian pemeriksaan secara fisik. Beberapa tes pemeriksaan yang dijalankan untuk mendiagnosis pembesaran prostat bengkak yakni:

•Dokter akan melakukan pemeriksaan tes urin apabila terdapat gejala yang dikeluhkan pasien bukan karena pembesar prostat jinak seperti infeksi.

•Dokter akan melakukan tes untuk mengukur antigen spesifik prostat yang ada pada darah pasien pria. Tingkat tersebut akan naik pada pria yang mempunyai kanker prostat,

•Menjalani tes kecepatan aliran urin, pasien dengan gejala gangguan kemih perlu melakukan proses pengukuran volume dan kecepatan aliran urin.

•Dokter akan segera mengambil sampel jaringan pasien untuk mendiagnosa ada tidaknya sel kanker yang bisa berkembang menjadi kanker prostat

•Tes sistoskopi akan dilakukan agar dokter bisa melihat bagian dalam uretra serta kandung kemih pasien.

Bagi Anda yang merasakan tanda dan gejala proses bengkak segera lakukan pemeriksaan pada dokter kami atau di Klinik Utama Gracia yang akan memberi penanganan secara professional. Segera lakukan reservasi bersama kami di nomer 085714263063 untuk mendapatkan informasi lengkap. Demikian ulasan singkat kami sampaikan mengenai prostat bengkak, semoga bermanfaat.

Baca disini: Berbagai Penyebab Penyakit Prostat Pada Pria

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai

panduan medis yang mutlak.