Di Indonesia, sunat dewasa memang bukan hal umum, pasalnya biasanya sunat dilakukan berdasarkan agama ataupun saat usia masih kecil. Namun, bukan berarti sunat tidak dapat dilakukan oleh orang dewasa. Sunat merupakan kegiatan untuk mengurangi kulit bagian penis yang dapat memicu adanya penyakit menular seksual. Biasanya kulit pada penis ini, akan mengkerut pada sendirinya saat ereksi, namun ada kalanya gangguan kulup penis ini terjadi dimana kulitnya tidak dapat mengerut.

Hal tersebutlah yang membuat orang menjalani sunat dewasa. Sunat ini cukup banyak manfaatnya, salah satunya mencegah terjadinya masalah kulit penis yang bisa kita sebut dengan fimosis. Sunat dapat dilakukan dengan bantuan dokter di klinik dan telah banyak teknik sunat yang bisa digunakan.

Manfaat Sunat Bagi Penyakit Kelamin

Umumnya, kulup penis dapat ditarik maupun mengerut sendiri saat mengalami ereksi. Namun, pada beberapa kasus kulup ini tidak dapat ditarik. Jika gangguan seperti ini terjadi, maka dapat diatasi dengan cara melakukan sunat. Sunat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama kesehatan alat kelamin.

• Mencegah fimosis

Fimosis adalah keadaan dimana kulup menutupi kepala penis. Hal ini bisa terjadi pada anak yang belum disunat, atau mereka yang sudah dewasa. Untuk mengatasi fimosis pada orang dewasa, memilih sunat dewasa adalah solusi yang tepat.

• Mencegah berbagai penyaki kelamin


Jika telah disunat, kondisi kulup penis yang menutupi penis seringkali membuat kotoran atau sisa urine menempel, dan akhirnya merangsang adanya bakteri maupun virus penyebab penyakit kelamin.

Baca Juga : Dokter Sunat Untuk Sunat Dewasa

• Mengurangi risiko terkena kanker

Penis yang disunat akan mendapatkan sirkumsisi dimana hal tersebut dapat mengurangi terjadinya kanker pada penis.

• Menurunkan risiko terkena infeksi kandung kemih

Infeksi kandung kemih terjadi akibat bakteri. Urine yang tersisa di bagian dalam kulup penis jika terperangkap dapat menyebabkan infeksi. Nah, jika sunat maka risiko yang satu ini dapat dihindari.

• Menambah Sensitifitas Penis

Titik rangsang pria adalah glans yang jika melakukan sunat, maka bagian ini akan lebih mudah terangsang saat berhubungan seksual karena tidak tertutupi oleh kulup.

Metode Sunat Terbaik Untuk Pria Dewasa

Bentuk penis anak-anak dengan orang dewasa berbeda, makanya untuk metode sunat juga ada beberapa metode sunat yang paling tepat untuk sunat dewasa. Belakangan ini metode laser menjadi metode yang paling banyak dipilih oleh mereka yang akan disunat. Pasalnya metode ini selain cepat serta dapat meminimalkan pendarahan yang terjadi. Pada orang dewasa, ukuran penis yang lebih besar juga memiliki pembuluh darah besar pula. Makanya, metode laser ini merupakan yang paling tepat karena dapat meminimalisir pendarahan.
 
Biasanya pemilihan metode sunat dewasa juga disesuaikan dengan kondisi penis. Jika ukuran penis lebih dari 3,4 cm, maka lebih disarankan untuk menggunakan metode laser. Metode ini lebih aman untuk ukuran penis dewasa yang berisiko mengalami pendarahan lebih banyak. Apapun metodenya, biasanya rasa sakit setelah melakukan sunat tetap ada. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Risiko Melakukan Sunat Dewasa

Tentunya kita tidak dapat menyamakan sunat saat masih anak-anak dengan sunat dewasa. Untuk yang akan melakukan sunat saat telah dewasa, mengetahui risiko yang dapat terjadi jika melakukan sunat juga cukup penting. Hal ini dapat menjadi pertimbangan maupun motivasi serta persiapan untuk menjalani prosedur sunat.

• Kemungkinan melakukan operasi lagi

Jika masih ada sisa kulit penis yang tersisa, maka operasi tambahan mungkin perlu dilakukan.

• Organ disekitar kelamin terluka


Risiko ini mungkin juga terjadi, makanya sebaiknya sebelum memutuskan untuk melakukan sunat dewasa, pilihlah klinik yang tepat. Seperti Klinik Utama Gracia misalnya yang siap melayani konsultasi Anda terkait sunat maupun keluhan mengenai alat kelamin lainnya. Tinggal hubungi saja di nomor ini 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter kami.

Baca Juga : Ketahui Ini Dulu Sebelum Memilih Sunat Laser


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.