Infeksi virus kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin sendiri dapat diartikan sebagai salah satu penyakit kelamin yang dapat menyerang wanita maupun pria. Untuk bentuknya mungkin penyakit ini agak sulit dikenali. Namun, jika dilihat dari bagaimana kutil tersebut menyebabkan rasa gatal dan membakar, gejala inilah yang cukup mengganggu. Meskipun ukuran kutil kelamin kecil, namun saat berhubungan seksual dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan pendarahan. 

Virus kutil kelamin juga dapat ditularkan melalui sentuhan. Maksudnya adalah ketika seorang penderita menyentuh kelamin pasangannya setelah menyentuh kelaminnya sendiri dimana terdapat kutil disana, maka pasangannya berisiko tertular kutil kelamin. Tak hanya menular pada pasangan, ibu hamil juga dapat menularkan penyakit ini kepada anak yang dikandungnya.

Risiko Penularan Virus Kutil Kelamin


Penularan kutil kelamin ini dapat terjadi melalui hubungan intim. Itu artinya kontak biasa seperti berbagi handuk maupun alat makan tidak dapat menularkan virus kutil kelamin. Begitu juga dengan aktivitas ciuman. Karena kutil kelamin ini hanya menular dan menginfeksi bagian kelamin saja. Jika pasangan seksual Anda menderita kutil kelamin, maka Anda juga berisiko tertular virusnya.

Begitu pula dengan bayi yang semasa dalam kandungan, ibunya menderita kutil kelamin. Risiko terkena virus kutil kelamin juga dapat terjadi pada mereka yang menggunakan sex toys (alat bantu seks). Mereka yang terkena virus kutil kelamin dapat didiagnosis melalui gejala yang dialaminya.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Lemah Syahwat Adalah…

Gejala Yang Dialami Para Penderita Kutil Kelamin


Jika terkena infeksi virus kutil kelamin, biasanya ada beberapa gejala yang bisa dilihat. Terkadang gejala yang dirasakan setiap orang berbeda. Gejala penyakit yang memiliki nama lain Condyloma Ocuminata ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mendiagnosis penyakitnya. Hanya saja, ada juga penderita yang tidak mengalami gejalanya sehingga untuk mendiagnosis harus melalui beberapa tes. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah :

•Bengkak kecil di daerah kelamin

Gejala ini yang paling sering muncul. Hanya saja bentuk bengkaknya terkadang tidak dapat dilihat dengan kasat mata.

•Rasa gatal dan seperti terbakar di sekitar kelamin.

•Saat berhubungan seksual terjadi pendarahan.

•Kutil yang bentuknya seperti kembang kol jika berdekatan.

Bagian di sekitar kelamin artinya, kutil dapat muncul di bagian paha, vulva, anus, leher rahim, saluran rahim, dinding rahim, saluran kemih, maupun testis pada pria. Virus kutil kelamin dapat dengan menyebar karena memang kondisi bagian alat kelamin kita yang cenderung lembab dan basah.

Cara Mencegah Virus Kutil Kelamin

Jika tidak ingin terinfeksi oleh virus kutil kelamin ini, memperhatikan kebersihan alat kelamin serta pasangan seksual kita merupakan hal yang penting. Pasalnya, virus ini dapat dengan mudah menular melalui hubungan seksual. Memakai alat pengaman seperti kondom saat berhubungan seksual juga menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kutil kelamin. Mereka yang melakukan yang suka bergonta-ganti pasangan seksual lebih rentan terkena kutil kelamin. Jadi, untuk pencegahannya adalah dengan tidak sembarangan bergonta ganti pasangan. Apalagi dengan orang yang tidak jelas riwayat seksualnya.

Pemberian Perawatan Terhadap Kutil Kelamin


Jika gejala yang dialami tidak menimbulkan sakit atau rasa tidak nyaman, maka tidka perlu untuk melakukan perawatan dengan metode bedah. Namun, jika telah menimbulkan rasa yang tidak nyaman selama berhubungan intim maupun aktivitas lainnya, maka Anda harus segera pergi ke klinik agar diberikan perawatan yang tepat. Untuk yang sudah terlanjur terinfeksi, disarankan untuk datang ke Klinik Utama Gracia dan berkonsultasi langsung dengan dokter kami. Atau bisa juga konsultasi online dengan menghubungi nomor ini 085714263063.

Baca Juga : Penyebab, Ciri, Dan Cara Mengatasi Lemah Syahwat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.