Saluran kemih merupakan organ yang berfungsi untuk menyimpan urine sebelum dikeluarkan. Jika sudah waktunya, urine harus dikeluarkan. Namun, jika terjadi infeksi di saluran kemih, artinya aktivitas pengeluaran urine akan terhambat. Sedangkan infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih. Infeksi saluran kemih ini bisa diderita oleh pria maupun wanita, tapi lebih sering diderita oleh wanita. Ada banyak organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, dimana salah satunya adalah ginjal. Jika bakteri penyebab terjadinya infeksi saluran kemih menyebar, maka hal tersebut akan mengganggu kesehatan ginjal.

Infeksi saluran kemih (ISK) jika telah di diagnosis sebaiknya segera diberikan perawatan. Pasalnya, bakteri penyebab infeksi saluran kemih dapat menyebar dan menginfeksi bagian system kemih lainnya.

Penyebab Utama Dan Risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Ada beberapa penyebab terjadinya infeksi saluran kemih, salah satu penyebab utamanya adalah bakteri. Bakteri dari luar tubuh masuk ke dalam saluran kemih melalui saluran ureter. Masuknya bakteri dapat terjadi ketika melakukan hubungan seksual maupun saat menyeka bagian bawah. Selain bakteri, ada beberapa faktor yang dapat memperbesar risiko terkena infeksi saluran kemih.

Baca Juga : 6 Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

•Lemahnya sistem kekebalan tubuh

•Aktif melakukan hubungan seksual

•Penggunaan alat kontrasepsi diafragma

•Sedang dalam masa menopause

•Diabetes

•Sering menahan buang air kecil

•Kelenjar Prostat Pada Pria

•Kurang minum air putih

Kenapa wanita memiliki risiko lebih besar terkena infeksi menular seksual (IMS) dibandingkan dengan pria? Salah satu alasannya adalah karena letak uretra wanita jauh lebih dekat ke anus dan bentuknya juga lebih pendek dibandingkan dengan uretra pada pria. Dengan letak anus yang berdekatan dengan uretra, bakteri penyebab terjadinya infeksi saluran kemih (ISK) jadi lebih mudah masuk.

Gejala Yang Dialami Oleh Penderita Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja, wanita maupun pria berapa pun usianya. Setelah mengetahui apa saja penyebab terjadinya infeksi saluran kemih, mengetahui gejalanya akan membantu mendeteksi adanya infeksi saluran kemih lebih awal. Dan gejala yang sering muncul pada penderita infeksi saluran kemih diantaranya:

•Rasa sakit di bagian perut dan panggul

•Nyeri setiap akan buang air kecil

•Terdapat darah pada urine

•Jika ginjal sudah terinfeksi, maka dapat muncul gejala demam atau menggigil

•Rasa ingin buang kecil yang sering muncul.

•Warna urine sedikit berbeda, lebih gelap atau baunya aneh

•Lebih mudah lelah
Bakteri penyebab terjadinya infeksi saluran kemih dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Dan jika telah berhasil menginfeksi, gejala di atas mungkin akan Anda alami. Untuk mencegah terjadinya komplikasi, Anda dapat segera mendapatkan perawatan yang tepat dari dokter.

Perawatan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Jika sudah terkena infeksi saluran kemih (ISK) sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Setelah diperiksa apakah benar pasien menderita infeksi saluran kemih, sebaiknya pasien menyelesaikan perawatan yang diberikan hingga selesai. Jika perawatan tidak dituntaskan, dikhawatirkan bahwa infeksinya akan terjadi lagi dan membutuhkan perawatan penuh. Hal ini dikarenakan wanita lebih rentan terhadap penyebab terjadinya infeksi saluran kemih . Sedangkan untuk pencegahannya, lakukan beberapa hal berikut ini:

•Memperbaiki pola hidup agar menjadi lebih sehat

•Berkonsultasi ke dokter mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan infeksi saluran kemih (ISK)

•Menjaga kebersihan lingkungan termasuk alat kontrasepsi yang dipakai juga bias dijadikan salah satu tidakan mengurangi risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi ini adalah dengan rajin melakukan pemeriksaan kesehatan terutama kesehatan terkait alat kelamin. Anda bisa memeriksakan kesehatan kelamin di Klinik Utama Gracia. Penyebab terjadinya infeksi saluran kemih mungkin tidak bisa Anda hindari, namun Anda bisa mengurangi bahayanya dengan segera mendapatkan perawatan. Silahkan berkonsultasi dengan dokter kami di 085714263063. Atau silahkan ungkapkan keluhan Anda dengan klik link di bawah ini.