Mandul, saat ini masih menjadi pembicaraan yang tabu di kebanyakan orang. Kemandulan juga bisa menyebabkan rasa malu bagi setiap orang, terutama kaum pria. Kemandulan memang suatu hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Namun banyak pasangan yang sedang mencoba memiliki keturunan namun tidak terjadi, malah menyalahkan wanita pada situasi tersebut. Padahal resiko kemandulan pada pria dan wanita sekitar 40%. Berikut ini adalah ciri ciri pria mandul dan juga penjelasan tentang penyebab kemandulan tersebut.

Kemandulan atau infertilitas adalah kondisi dimana pasangan belum mampu mendapatkan kehamilan walaupun melakukan hubungan seksual secara aktif, tanpa alat kontrasepsi, dan dalam kurun waktu enam bulan sampai dengan satu tahun.

Ciri Ciri Pria Mandul

Dalam beberapa kasus, mandul ini dikaitkan dengan kelainan bawaan, ketidakseimbangan hormonal, pembuluh darah yang melebar di sekitar daerah testis, atau kondisi dimana sperma terhalang untuk lewat.

Kebanyakan pria tidak memperhatikan gejala selain ketidakmampuan menghasilkan kehamilan. Namun berikut ini adalah beberapa ciri ciri pria mandul:

  • Sulit ejakulasi atau volume cairan saat ejakulasi sangat kecil
  • Tidak adanya hasrat seksual
  • Disfungsi ereksi
  • Nyeri dan bengkak di daerah testis
  • Gangguan hormonal
  • Jumlah sperma lebih rendah dari biasanya

Penyebab Pria Mandul

  1. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan kemandulan pada pria.

  1. Kelainan saluran sperma

Dalam beberapa kasus, terjadi penyumbatan pada bagian testis atau gangguan lain yang dapat mencegah sperma masuk ke air mani. Atau juga karena trauma fisik pada testis, prostat, dan uretra juga bisa menyebabkan permasalahan pada kesuburan.

  1. Ejakulasi Retrogade

Air mani tidak keluar dari penis saat ejakulasi, melainkan malah masuk ke kandung kemih. Hal ini bisa terjadi karena diabetes, penggunaan obat tertentu, ataupun komplikasi operasi kandung kemih, prostat atau uretra.

  1. Masalah Seksual

Disfungsi ereksi atau impotensi dan ejakulasi dini, dapat berdampak pada kesuburan. Hal ini dapat disebabkan oleh masalah psikologis seperti cemas, rasa bersalah, ataupun rendah diri. Bisa juga karena diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan sakit jantung. Selain itu, bisa karena efek samping obat-obatan tertentu seperti antidepresan.

  1. Varikokel

Penyebab lain kemandulan pada pria bisa disebabkan karena adanya varises pada testis yang menyebabkan terjadinya gangguan pada kesuburan. Varises adalah pembengkakan pembuluh darah, dan dalam hal ini terjadi di pembuluh darah testis dan menyebabkan terhambatnya aliran sperma dan membuat kualitas dan kuantitas sperma menurun.

  1. Ukuran Testis

Salah satu penyebab kemandulan pria yang lain yaitu ukuran testis yang kecil. Testis bertugas untuk bertanggungjawab dalam pembentukan sperma. Jika ukurannya normal dan jumlah sperma rendah, maka dokter akan melakukan diagnosa apakah ada obstruksi atau tidak. Diagnosa akan dilakukan dengan mengambil suhu skrotum, karena suhu skrotum bisa mengganggu mobilitas sperma.

  1. Gangguan Hormonal

Gangguan hormonal ini bisa menyebabkan berkurangnya produksi sperma pada pria. Hormon yang dikenal dengan hormon luteinizing yang bertugas untuk merangsang produksi testosteron dan spermatogenesis, jika terganggu maka akan menyebabkan kemandulan.

Penyebab lainnya bisa disebabkan karena faktor kesehatan, pola hidup dan juga kondisi psikis seorang pria. Untuk itu, jauhi pola hidup yang tidak sehat, seperti makan makanan yang tidak sehat, merokok, minum minuman beralkohol dan juga hindari stres.

Itulah penjelasan mengenai ciri ciri pria mandul dan juga apa penyebab yang bisa mengakibatkan pria menjadi mandul. Jika Anda membutuhkan pemeriksaan dan juga pengobatan terkait kemandulan, Anda dapat mengunjungi Klinik Utama Gracia ataupun melakukan konsultasi online. Penanganan yang tepat sangat diperlukan dalam hal kemandulan ini, agar Anda dan pasangan bisa segera berencana memiliki keturunan.