Kanker prostat merupakan terjadinya pertumbuhan sel abnormal yang berlebihan pada kelenjar prostat, biasanya ditandai dengan munculnya gejala prostat yang terkena kanker. Prostat sendiri adalah kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih atau di depan rektum dan kelenjar ini berada mengelilingi uretra. Kelenjar prostat berfungsi untuk memproduksi cairan untuk menyuburkan dan juga melindungi sperma. Ketika pria mengalami ejakulasi, maka prostat akan mengeluarkan cairan tersebut menuju ke sperma, dan ikut mengalir bersama sperma sebagai air mani.

Penyakit kanker prostat ini adalah penyakit pria yang paling sering terjadi dan bisa menyebabkan kematian. Jika kanker prostat diketahui secara dini melalui gejala prostat yang terkena kanker, maka kesuksesan pengobatan tentunya akan jauh lebih tinggi.

Untuk itu, ketahui gejala prostat yang terkena kanker agar Anda lebih waspada pada penyakit mematikan ini. Biasanya kanker prostat yang masih dalam stadium awal tidak akan menunjukkan gejala tertentu. Dan gejala akan muncul ketika penyakit tersebut berada pada stadium lanjut. Berikut gejala yang mungkin akan terjadi.

1. Meningkatnya Keinginan Buang Air Kecil

Salah satu gejala yang akan dialami penderita kanker prostat yang paling umum yaitu seringnya buang air kecil. Biasanya gejala ini akan diikuti dengan gangguan lain yang juga berkaitan dengan masalah urinasi. Hal ini terjadi karena ketika ada sel kanker pada prostat, maka kondisi prostat akan meradang dan juga membesar. Ukuran prostat yang membesar ini akan menekan kandung kemih dan memicu munculnya keinginan sering buang air kecil, namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit, bahkan hanya seperti menetes.

1. Urine Sulit Keluar

Penderita kanker prostat memang akan mengalami seringnya buang air kecil, namun hanya sedikit urine yang dikeluarkan atau urine sulit keluar, sehingga penderita merasa tidak puas ketika buang air kecil. Hal ini dikarenakan terjadinya pembengkakan pada prostat sehingga menghalangi urine untuk menuju uretra. Selain gejala kanker prostat, gejala seperti ini juga akan dialami oleh penderita yang mengalami pembesaran prostat jinak, namun kondisi ini tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan obat atau operasi untuk menyusutkan ukuran prostat.

1. Merasa Sakit dan Sensasi Terbakar Ketika Buang Air Kecil

Munculnya rasa sakit dan juga sensasi seperti terbakar ketika Anda buang air kecil bisa disebabkan karena kanker prostat. Namun jika gejala ini tidak dibarengi dengan gejala lainnya, maka kemungkinan Anda hanya mengalami prostatitis atau radang yang terjadi di prostat karena adanya infeksi atau yang lainnya.

1. Impotensi

Seorang penderita kanker prostat juga bisa mengalami gejala impotensi, maka mereka tidak akan bisa memulai ataupun mempertahankan ereksi. Namun hal ini juga bisa dialami oleh pria yang sudah memasuki usia lanjut. Agar pasti apa penyebabnya, maka periksakan segera hal tersebut.

1. Sakit Ketika Ejakulasi

Ejakulasi juga menggunakan saluran yang sama dengan buang air kecil, maka penderita prostat juga bisa merasakan sakit ketika hampir klimaks. Namun bukan hanya kanker prostat yang bisa menunjukkan gejala seperti ini, penyakit pembesaran prostat jinak juga bisa mengalaminya.

1. Sakit Pada Punggung Bagian Bawah atau Pinggul

Gejala ini memang termasuk gejala yang umum, makanya banyak penderita yang mengabaikan gejala ini, sehingga banyak terjadi kematian karena kanker prostat. Jika sakit pada bagian-bagian tersebut tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri.

Itulah beberapa gejala prostat yang terkena kanker. Walaupun terbilang gejalanya cukup umum terjadi, namun sebaiknya tidak Anda sepelekan. Segera periksakan apapun kondisi yang Anda rasakan pada dokter, untuk mengetahui diagnosis dan penanganan yang tepat juga.